PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL HYPERCONTENT PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XII DI SMAN 3 BANTAENG

JABAL NUR (2022) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL HYPERCONTENT PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XII DI SMAN 3 BANTAENG.

[img] Text
Jurnal Skripsi Jabal Nur.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan guru dan siswa, mendesainmodul digital hypercontent, mengukur tingkat validitas dan kepraktisan modul digitahypercontent pada mata pelajaran sosiologi kelas XII di SMAN 3 Bantaeng. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari teknikanalisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa identifikasi tingkat kebutuhan siswa berada pada kualifikasdibutuhkan, identifikasi kebutuhan materi siswa yang yang menjawab YA berada padakualifikasi sangat dibutuhkan sedangkan yang menjawab TIDAK berada pada kualifikassangat kurang dibutuhkan, dan identifikasi kebutuhan kepala sekolah berada padakualifikasi sangat dibutuhkan. Selanjutnya pada tahap validasi, hasil validasi ahlmateri/isi berada pada kualifikasi sangat baik, validasi ahli media berada padakualifikasi sangat baik dan pada tahap uji coba kelompok kecil mendapatkan hasisangat baik, pada tahap uji coba kelompok besar berada pada kualifikasi sangat baikserta penilaian/tanggapan guru mata pelajaran berada pada kualifikasi sangat baik.Kesimpulan dari hasil penelitian ini tingkat analisis kebutuhan produk modul digitahypercontent pada mata pelajaran sosiologi berada pada kualifikasi dibutuhkan sertaproduk modul digital berada pada kualifikasi valid dan praktis. Kata Kunci: Modul Digital, Hypercontent, Sosiologi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Dec 2022 00:57
Last Modified: 09 Dec 2022 00:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26028

Actions (login required)

View Item View Item