EFEKTIVITAS E-PORTOFOLIO VIDEO UNTUK MENINGKATKAN SKILL DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN DI SMK KARTIKA XX-I MAKASSAR

Novitasari, Novitasari and Sidik, Darlan and Mangesa, Riana Tangkin (2022) EFEKTIVITAS E-PORTOFOLIO VIDEO UNTUK MENINGKATKAN SKILL DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN DI SMK KARTIKA XX-I MAKASSAR. UNM Journal of Technology and Vocational, 6 (1). pp. 43-51. ISSN 2580-0434

[img] Text (Artikel Jurnal Nasional)
34289-85018-1-PB.pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text (Peer Review Jurnal Nasional)
Peer Review Jurnal Nasional-Efektivitas E-Portofolio Video untuk.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/UJTV/article/view/34289/pdf

Abstract

Tujuan penelitian untuk melihat efektivitas e-portofolio video untuk meningkatkan skill dan motivasi siswa pelajaran desain grafis percetakan.Penilaian ialah subsistem penting dalam pendidikan. Mengisyaratkan perlunya inovasi sesuai perkembangan IPTEK. E-Portofolio adalah perangkat lunak untuk menyajikan penguasaan dan keterampilan siswa secara efektif, karena dapat menyimpan materi, gambar, audio dan video. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian ini adalah pre-experiment design menggunakan the one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket diberikan ke siswa dan guru, dengan angket ini penulis mendapatkan data tentang skill,motivasi siswa dan respon guru.Sampel penelitian kelas XI multimedia sebanyak 20 orang. Hasil penelitian terdapat peningkatan skill dalam bidang fotografi, persentase nilai rata-rata pre test adalah 43,36 % dan post test 85.45 % dari skor ideal 100. Analisis data menggunakan uji-T untuk melihat ketuntasan belajar siswa sebelum dan sesudah dibelajarkan membuat e-portofolio video. Nilai rata-rata klasikal hasil belajar sebelum perlakuan 15 % dan sesudah perlakuan 90 %, dengan nilai signifikansi (Sig) <0, 05. Respon peserta didik persentase 91% kategori sangat baik. Motivasi siswa dengan persentase 76,14 % kategori baik. Sedangkan respon guru memiliki persentase 96 % menandakan bahwa guru memberikan tanggapan sangat baik pada penilaian e-portofolio video untuk di gunakan pada penilaian mata pelajaran desain grafis percetakan.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi > Pendidikan dan Kejuruan (S2)
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi > Pendidikan dan Kejuruan (S2)
PASCASARJANA > Pendidikan dan Kejuruan (S2)
PASCASARJANA > Pendidikan dan Kejuruan (S2)

FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Mardiana Mardiana
Date Deposited: 13 Dec 2022 14:30
Last Modified: 13 Dec 2022 14:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26004

Actions (login required)

View Item View Item