Sidik, Darlan (2021) DIMENSI KETERAMPILAN BERPIKIR KOMPUTASI DALAM PEMECAHAN MASALAH PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA ANALOG. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi dan Kejuruan, 8 (2). pp. 59-67. ISSN 2721-7612
Text (Artikel Jurnal Nasional)
32009-77545-1-SM.pdf - Published Version Download (402kB) |
|
Text (Peer Review Jurnal Nasional)
Peer Review Jurnal Nasional-Dimensi Keterampilan Berpikir Komput.pdf - Supplemental Material Download (1MB) |
Abstract
Masalah utama artikel adalah kurang efektifnya penyelesaian masalah yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah dan cenderung penyelesaiannya coba-coba. Tujuan adalah untuk mengetahui efektivitas dimensi keterampilan berpikir komputasi terhadap pemecahan masalah pembelajaran elektronika analog bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Elektronika FT UNM. Metode penelitian menggunakan eksplanasi dengan pendekatan kuantitaif yang didasarkan pada hasil perhitungan besaran nilai dari dokumen tes dan observasi yang ditampilkan dengan memprediksi sampel secara khusus hubungan antara dimensi keterampilan berpikir komputasi terhadap perolehan belajar konsep elektronika analog. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi keterampilan berpikir komputasi Decomposition dengan nilai t-hitung sebesar 0.817, Algortihms 3.067, Pattren Recognitio 0.536, dan Abstraction 0.314. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa demensi keterampilan berpikir Algorithms memberi hubungan yang kuat terhadap hasil belajar konsep elektronika analog, diikuti dimensi keterampilan berpikir komputer lainnya untuk menyelesaikan masalah pembelajaran elektronika analogi bagi mahasiswa prodi PTA FT UNM
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS TEKNIK FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Mardiana Mardiana |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 14:30 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 14:30 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25999 |
Actions (login required)
View Item |