THE IMPLEMENTATION OF PROBLEM-BASED CTL LEARNING APPROACH IN TRIGONOMETRY LEARNING TO IMPROVE LEARNING CREATIVITY ANF MOTIVATION OF CLASS X MIA 2 STUDENTS AT SMA NEGERI 1 BARRU

PASSALOWONGI, RATNAH (2016) THE IMPLEMENTATION OF PROBLEM-BASED CTL LEARNING APPROACH IN TRIGONOMETRY LEARNING TO IMPROVE LEARNING CREATIVITY ANF MOTIVATION OF CLASS X MIA 2 STUDENTS AT SMA NEGERI 1 BARRU. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Jurnal Ratna Passolongi.docx

Download (209kB)

Abstract

JURNAL ILMIAH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MIA.2 SMA NEGERI 1 BARRU Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Barru, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan pendekatan CTL berbasis masalah dalam pembelajaran trigonometri. Pendekatan pembelajaran CTL ini dikaitkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan beberapa tahapan yaitu konstruktivisme, menemukan,bertanya,masyarakat belajar, pemodelan,refleksi dan penilaian sebenarnya dengan berorientasi pada pemecahan masalah. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dimana siklus I terdiri dari empat kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA.2 sebanyak 34 orang dengan komposisi 11 orang peserta didik laki-laki dan 23 orang peserta didik perempuan dimana kelas X MIA.2 ini merupakan salah satu kelas unggulan yang ada di SMA Negeri 1 Barru Hasil penelitian mengungkapkan adanya peningkatan kreativitas peserta didik dari aspek kognitif yang memiliki ciri kelancaran (fluency), lentur/fleksibel (fleksibility) dan originality (Kebaruan), dimana kreativitas aspek kognitif ini dapat diukur dengan memberikan soal-soal yang berbasis open ended problem. Dari respon atau jawaban yang diberikan peserta didik dapatlah diketahui bahwa peserta didik dari segi fluency (kelancaran) sudah mampu menemukan jawaban dengan mengikuti pola yang sama (jawaban yang beragam) yaitu dari 73,53% meningkat menjadi 85,29%, dari segi fleksibility (kelenturan/fleksibel) peserta didik sudah mampu memberikan jawaban dengan ide yang berbeda dan benar yaitu 73,53% menjadi 88,24%, dan dari segi originality (kebaruan) peserta didik sudah mampu menemukan jawaban benar yang unik yaitu dari 11,76% menjadi 35,29%. Selain peningkatan kreativitas, penelitian ini juga dapat meningkatkan motivasi peserta didik dengan menerapkan pendekatan pembelajaran CTL berbasis masalah pada pembelajaran Trigonometri, dimana peserta didik sudah termotivasi belajar, sudah bergairah dalam belajar, penuh semangat dan rasa ingin tahu yang tinggi, memiliki rasa percaya diri serta konsentrasi dalam menyelesaikan tugas-tugasnya dan mampu mengerjakan masalah dengan sendiri tanpa bantuan orang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Jun 2017 03:01
Last Modified: 15 Jun 2017 03:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2598

Actions (login required)

View Item View Item