PENERAPAN METODE BERCAKAP-CAKAP DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AL-IKHLAS MINASA UPA KOTA MAKASSAR

Nursriwahyuni (2022) PENERAPAN METODE BERCAKAP-CAKAP DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AL-IKHLAS MINASA UPA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Bag Sampul.doc

Download (144kB)
[img] Text
3. Bab 1.doc

Download (57kB)
[img] Text
4. Bab 2.doc

Download (126kB)
[img] Text
8. Daftar pustaka.doc

Download (110kB)
[img] Text
9.lampiran hasil observasi guru.doc

Download (61kB)
[img] Text
10. lampiran data kasar anak.doc

Download (65kB)
[img] Text
11. lampiran hasil observasi anak.doc

Download (124kB)
[img] Text
12. lampiran belakang fto.doc

Download (1MB)
[img] Text
SKENARIO PEMBELAJARAN.doc

Download (63kB)
[img] Text
13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.doc

Download (50kB)

Abstract

Nursriwahyuni, 2014. Penerapan Metode Bercakap-Cakap dalam Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Di Taman Kanak-kanak Al-Ikhlas Minasa Upa Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan bercakap-cakap dalam peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Al-Ikhlas Minasa Upa Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metode bercakap-cakap Di Taman Kanak-kanak Al-Ikhlas Minasa Upa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metode bercakap-cakap di Taman Kanak-kanak Al-Ikhlas Minasa Upa Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Fokus penelitian ini adalah penerapan metode bercakap-cakap dalam peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak. Setting penelitian ini adalah Taman Kanak-kanak Al-Ikhlas Minasa Upa Kota Makassar. Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B5. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa ekspresif anak pada siklus I kemampuan bahasa ekspresif anak berada pada kategori kurang, sehingga dilanjutkan ke siklus II dengan memperbaiki kekurangan pada siklus I yaitu guru tidak memberi kesempatan kepada anak untuk menjawab pertanyaan. Hasil dari siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak sudah tercapai dengan baik dan masuk dalam kategori mampu, hal ini dapat dilihat dari langkah-langkah bercakap-cakap yang diterapkan oleh guru dan anak sudah mampu menjawab pertanyaan tentang informasi, dan anak mampu mengungkapkan pendapat secara sederhana, maka penelitian dihentikan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-kanak Al-Ikhlas Minasa Upa Kota Makassar mengalami peningkatan dengan baik melalui kegiatan bercakap-cakap.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Dec 2022 06:24
Last Modified: 05 Dec 2022 06:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25975

Actions (login required)

View Item View Item