PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 10 PINRANG ; (The Influnce Of Guided Inquiry Learning On The Comprehension Of Physics Consept And Learning Motivation Of Student In Class Xi Sman 10 Pinrang)

Nurnaifah, Ihfa Indira (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 10 PINRANG ; (The Influnce Of Guided Inquiry Learning On The Comprehension Of Physics Consept And Learning Motivation Of Student In Class Xi Sman 10 Pinrang). S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Artikel jurnal.docx

Download (33kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan metode dua perlakuan yaitu pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji Mann-Whitney (uji U). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata pemahaman konsep fisika yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing dalam kategori sedang; (2) Rata-rata pemahaman konsep fisika yang mengikuti pembelajaran secara konvensional dalam kategori rendah; (3) Rata-rata motivasi belajar yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing dalam kategori tinggi; (4) Tingkat motivasi belajar yang mengikuti pembelajaran secara konvensional dalam kategori tinggi; (5) Terdapat perbedaan pemahaman konsep yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang mengikuti pembelajaran secara konvensional; (6) Terdapat perbedaan motivasi yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Kata Kunci: inkuiri terbimbing, pemahaman konsep, motivasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Jun 2017 02:58
Last Modified: 15 Jun 2017 02:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2597

Actions (login required)

View Item View Item