Mohamad, Andi Riswan and Sahril, Sahril and Iskandar, Iskandar (2022) The Study of Gricean Maxim Hedging in Noam Chomsky’s Online Lectures. Pinisi Journal of Art, Humanity, & Social Studies, 2 (4). ISSN ISSN 2747-2671 (online)
Text
Peer Review The Study of Gricean Maxim Hedging in Noam Chomsky Online Lectures .pdf Download (1MB) |
|
Text
The Study of Gricean Maxim Hedging in Noam Chomsky’s Online Lectures.pdf Download (486kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menjelaskan jenis-jenis prinsip kerja sama yang dibatasi oleh dua pembicara dalam sebuah kuliah umum di Perpustakaan Umum New York dan Akademi Sains Hongaria. Selama diskusi, pembicara idealnya mengujarkan informasi sesuai dengan kebenaran. Kondisi ini membuat penulis mengidentifikasi kemungkinan pembatasan maksim kerja sama dalam ujaran kedua pembicara ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah 25 ujaran atau dialog yang mengandung pembatasan maksim. Data dikumpulkan dengan mentranskripkan video menjadi teks. Data ini kemudian dianalisis dalam prosedur kerja yaitu 1) Identifikasi 2) Klasifikasi 3) Deskripsi dan Elaborasi. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan. Pertama, ditemukan bahwa pembatasan maksim kategori maksim kualitas (13 kali) adalah pembatasan maksim yang paling sering dilakukan. Hal ini berarti pembicara merasa ragu akan keabsahan informasi yang diujarkan. Kedua, ditemukan bahwa pembatasan maksim relevansi dan pembatasan maksim sikap merupakan pembatasan maksim yang paling sedikit dilakukan (hanya 3 kali). Hal ini berarti pembicara berusaha untuk membuat diskusi tidak keluar dari topik pembahasan. Kata Kunci: lindung nilai maksim, kuliah daring, noam chomsky
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Divisions: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Depositing User: | Farid Sehuddin |
Date Deposited: | 03 Dec 2022 00:26 |
Last Modified: | 03 Dec 2022 00:26 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25949 |
Actions (login required)
View Item |