Nurrahmi, Ira and Sahril, Sahril and La Sunra, La Sunra (2021) Students’ Filler in Academic Presentation Jeda Yang Digunakan Mahasiswa Dalam Presentasi Akademik. Pinisi Journal of Art, Humanity & Social Studies, 1 (4). ISSN ISSN 2747-2671 (online)
Text
Students’ Filler in Academic Presentation.pdf Download (462kB) |
|
Text
Peer review Students Filler in Academic Presentation.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jeda yang digunakan oleh mahasiswa pada saat presentasi seminar proposal thesis, faktor apa saja yang menyebabkan jeda dan persepsi audiens melalui penggunaan filler dalam presentasi proposal skripsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel diambil dari mahasiswa jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Makassar dengan menggunakan teknik snowball sampling. Jumlah sampel sebanyak 6 mahasiswa yang mempresentasikan proposal thesisnya untuk memenyelesaikan studi magister. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner. Data yang diambil menunjukkan bahwa jeda yang paling banyak digunakan oleh siswa adalah jeda ‘Ee’ dan “Aa” dan banyak faktor yang menyebabkan penggunaan jeda seperti frekuensi, durasi, fungsi dan alasan utama dari jeda. Kuesioner digunakan untuk mengidentifikasi persepsi audiens terhadap penggunaan jeda dalam presentasi. Dari persepsi audiens kami mengetahui bahwa banyak peserta yang tidak dapat memahami presentasi dengan baik, dapat disebabkan oleh penggunaan jeda yang diisi dalam presentasi atau dapat juga disebabkan oleh faktor lain seperti koneksi. Meskipun demikian, beberapa peserta dapat melihat bahwa presenter menggunakan jeda yang diisi dalam presentasi. Selanjutnya peneliti menemukan bahwa jeda yang diisi dalam presentasi sangat mengganggu peserta, jika mereka sering menggunakan jeda yang diisi di tengah presentasi karena dapat mengganggu makna presentasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Divisions: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Depositing User: | Farid Sehuddin |
Date Deposited: | 03 Dec 2022 00:25 |
Last Modified: | 03 Dec 2022 00:25 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25943 |
Actions (login required)
View Item |