HENIMARLINA AMRAH (2022) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN DENGAN MENGGUNAKAN PLAYDOUGH DI TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA KECAMATAN MANDAI KABUPATEN MAROS.
Text
Daftar Isi.docx Download (130kB) |
|
Text
Bab 1.docx Download (33kB) |
|
Text
Bab 2.docx Download (47kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (18kB) |
|
Text
Lampiran Hasil Observasi.docx Download (47kB) |
|
Text
Lampiran RKH.docx Download (32kB) |
|
Text
Lampiran - Dokumentasi.docx Download (1MB) |
|
Text
Riwayat Hidup.docx Download (26kB) |
Abstract
HENIMARLINA AMRAH, 2014. Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain dengan Menggunakan Playdough di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.PddanArifinManggau, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas anak di TK Dharma Wanita Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan bermain dengan menggunakan playdough di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan bermain dengan menggunakan playdough di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan anak kelompok B1 sebanyak 21 orang yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil yang dicapai pada siklus I berada pada kategori sedang dimana anak belum mampu membuat hasil karya sendiri dengan lancar. Anak masih kesulitan dalam membuat berbagai bentuk sesuai dengan bagian-bagian yang ditiru. Hasil yang dicapai pada siklus II berada pada kategori sangat tinggi dimana anak telah mampu membuat hasil karya dengan lancar, anak mampu membuat berbagai bentuk, anak mampu membuat hasil karya sendiri, dan anak mampu membuat suatu bentuk sesuai bagian-bagian benda yang ditiru. Sebagai kesimpulan, kegiatan bermain dengan menggunakan playdough dapat meningatkan kreativitas anak di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Karena itu, kegiatan bermain dengan menggunakan playdough direkomendasikan untuk dijadikan alternatif tindakan dalam meningkatkan kreativitas anak di Taman Kanak-Kanak.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 02:37 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 02:37 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25923 |
Actions (login required)
View Item |