Industri Rumah Tangga Keripik Pisang Koisna di Kecamatan Mangkutana, 2003-2017

Meriam, Meriam and Ridha, M. Rasyid and Patahuddin, Patahuddin (2019) Industri Rumah Tangga Keripik Pisang Koisna di Kecamatan Mangkutana, 2003-2017. Jurnal Pattingalloang, 6 (3). pp. 40-49. ISSN 2686-6463

[img] Text (Jurnal Ilmiah)
Industri Rumah Tangga Keripik Pisang Koisna di Kecamatan Mangkutana 2003-2017.pdf

Download (84kB)
[img] Text (Peer Reviewer)
JURNAL ILMIAH INDUSTRI RUMAH TANGGA KERIPIK PISANG KOISNA DI KECAMATAN MANGKUTANA 2003 2017.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/pattingalloang/article/view/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang berdirinya industri rumah tangga, perkembangan industri, dan dampak industri. Batasan awal penelitian ini diambil pada tahun 2003 karena pada tahun ini merupakan awal mulanya usaha industri rumah tangga keripik pisang Koisna di Mangkutana didirikan. Batasan akhirnya adalah tahun 2017 yang merupakan periode yang menjelaskan perkembangan industri rumah tangga keripik pisang Koisna di Mangkutana. Penelitian di lakukan melalui studi lapangan dan kajian pustaka dengan mengunakan metode sejarah melalui beberapa tahapan kerja, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa industri rumah tangga keripik pisang Koisna berdiri dan dilatar belakangi oleh adanya seorang karyawan yang telah di PHK sehingga berkeinginan untuk membentuk industri makanan dengan mengolah pisang tersebut. Perkembangan industri makanan keripik ini dalam kurun waktu 2003-2017 telah membawa perubahan dalam hal produksi yang meningkat dari tahun ke tahun dengan mengikuti musim buah. Kehadiran industri rumah tangga keripik pisang Koisna membawa dampak sosial dalam hal perubahan interaksi yang semakin kuat dengan pekerja industri. Selain itu, keberadaan industri rumah tangga di Mangkutana telah membantu kehidupan perekonomian masyarakat dalam hal memberikan lapangan kerja.Kesimpulan bahwa dalam perkembangan industri keripik pisang di Mangkutana selalu mengalami peningkatan setiap tahun. Hal ini karena banyaknya permintaan dari konsumen. Pemasaran keripik pisang Koisna ini telah sampai di luar Mangkutana dan sampai sekarang sudah lebih banyak di pesan dari berbagai konsumen. Kata Kunci : Industri, Keripik, dan Mangkutana

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Nuhasni Muis
Date Deposited: 03 Dec 2022 05:56
Last Modified: 03 Dec 2022 05:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25918

Actions (login required)

View Item View Item