PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI MEDIA BERMAIN BALOK ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK WAHDAH ISLAMIYAH 01 MAKASSAR

RAMLAH G (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI MEDIA BERMAIN BALOK ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK WAHDAH ISLAMIYAH 01 MAKASSAR.

[img] Text
Sampul dan Pernyataan Keaslian.docx

Download (72kB)
[img] Text
Hasil Penelitian.docx

Download (134kB)

Abstract

RAMLAH G. 2013. Peningkatan kemampuan berhitung anak melalui media bermain balok angka di taman kanak-kanak Wahdah Islamiyah 01 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh DR. Parwoto, M.Pd. dan Rusmayadi, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Kemampuan berhitung anak pada TK Wahdah islamiyah 01 masih kurang, Hal ini dibuktikan bahwa pada saat kegiatan belajar mengajar, masih ada anak yang belum bisa menyebutkan angka mulai 1 – 10. Oleh karena itu, peneliti merumuskan masalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui media bermain balok angka di taman kanak-kanak Wahdah Islamiyah 01 Makassar. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak melalui media bermain balok angka di taman kanak-kanak Wahdah Islamiyah 01 Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Adapun metode yang digunakan yakni observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa peningkatan kemampuan berhitung anak menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan II. Melalui media permainan balok angka, anak dapat lebih meningkatkan kemampuan berhitung anak. Hal ini ditunjukkan pencapaian indikator kemampuan berhitung mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu kemampuan anak mengenal bilangan yang tertempel pada tiap-tiap balok angka mulai dari 1 sampai 10, kemampuan anak membilang dengan menunjuk bilangan yang tertempel pada balok angka dari 1 sampai 10, kemampuan anak menunjukkan bilangan yang menempel di balok angka dari 1 sampai 10, kemampuan anak menghubungkan bilangan pada balok angka dari 1 sampai 10 dan kemampuan anak menyebutkan kembali bilangan yang dilihat pada balok angka.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Dec 2022 01:00
Last Modified: 02 Dec 2022 01:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25901

Actions (login required)

View Item View Item