PENGEMBANGAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK PADA KELOMPOK B DI PAUD “MELATI” DHARMA WANITA PERSATUAN UNM

SYAMSINAR (2022) PENGEMBANGAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK PADA KELOMPOK B DI PAUD “MELATI” DHARMA WANITA PERSATUAN UNM.

[img] Text
SAMPUL.doc

Download (80kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (179kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (88kB)
[img] Text
LAMPIRAN.doc

Download (99kB)
[img] Text
HASIL PENELITIAN.docx

Download (87kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (392kB)

Abstract

Syamsinar, 2013. Pengembangan kecerdasan logika matematika anak melalui kegiatan bermain balok pada kelompok B di Paud “Melati” Dharma Wanita Persatuan UNM. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Rusmayadi, S.Pd, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah melalui penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kecerdasan logika matematika anak dalam kegiatan bermain balok di Pusat Layanan Paud “Melati” Dharma Wanita Persatuan UNM, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui kegiatan bermain balok anak dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak di Pusat Layanan Paud “ Melati “Dharma Wanita Persatuan UNM. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di Pusat Layanan Paud “ Melati “Dharma Wanita Persatuan UNM, yang beralamat di jalan Mapala kompleks UNM, Gunungsari Baru Kelurahan Tidung, Kecamatan Rappocini. Adapun yang menjadi subjek melalui penelitian ini adalah difokuskan di kelas senior yang usianya antara 5-6 tahun, yang berjumlah 7 orang anak didik. Dengan rincian 3 orang anak perempuan dan 4 orang laki-laki, sebagai informan adalah guru yang berjumlah 1 orang. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kecerdasan logika matematika anak dapat dikembangkan melalui permainan balok dimana guru dapat mencapai lingkup Pengembangan kecerdasan logika matematika anak melalui cara bermain balok berupa : mengelompokkan balok, menyusun balok menjadi bentuk bangunan melalui kegiatan tersebut pengembangan kecerdasan logika matematika anak yang dapat dicapai diantaranya : kemampuan mengelompokkan benda menurut bentuk, mengurutkan benda sesuai dengan ukuran serta memasangkan benda sesuai dengan warna.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Dec 2022 06:30
Last Modified: 01 Dec 2022 06:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25883

Actions (login required)

View Item View Item