ANALISIS PENGETAHUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS GURU FISIKA TERSERTIFIKASI DI KABUPATEN SINJAI

Rohani, Rohani (2016) ANALISIS PENGETAHUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS GURU FISIKA TERSERTIFIKASI DI KABUPATEN SINJAI. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel.docx

Download (167kB)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan keterampilan proses sains guru fisika tersertifikasi di kabupaten Sinjai ditinjau dari (1) lamanya sertifikasi, (2) lamanya masa kerja jadi guru, (3) linearitas dan tingkat pendidikannya. Subjek dalam penelitian ini adalah semua guru fisika yang sudah tersertifikasi dari tahun 2006 - 2014 sebanyak 21 orang. Pengambilan data di lakukan dengan memberikan tes pengetahuan keterampilan proses sains pada guru fisika. Hasil tes menunjukkan bahwa dari delapan indikator keterampilan proses sains fisika yang dijadikan tes terdiri dari (1) klasifikasi dengan sub indikator mengelompokkan; (2) interpretasi dengan sub indikator menyimpulkan; (3) prediksi dengan sub indikator mengemukakan apa yang mungkin terjadi pada keadaan yang belum diamati; (4) mengajukan pertanyaan dengan sub indikator mengajukan pertanyaan yang berlatar belakang hipotesis; (5) berhipotesis dengan sub indikator mengetahui bahwa ada lebih dari 1 kemungkinan penjelasan dari 1 kejadian; (6) merencanakan percobaan dengan sub indikator menentukan alat/bahan yang digunakan dan menetukan variabel/faktor penentu; (7) menerapkan konsep dengan sub indikator menerapkan konsep pada situasi baru; dan (8) mengkomunikasikan dengan sub indikator membaca grafik dan menjelaskan hasil percobaan. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil tes pengetahuan keterampilan proses sains fisika yang ditinjau dari tahun lulus sertifikasi, lamanya masa kerja dan linearitas dan tingkat pendidikannya dapat disimpulkan bahwa lamanya sertifikasi, lama mengajar tidak menjamin meningkatnya pengetahuan keterampilan proses sains guru, sedangkan ditinjau dari linearitas pendidikan dapat dikatakan bahwa ada kecenderungan yang tinggi guru yang berasal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dibandingkan dengan Fakultas Teknik. Kata kunci: Keterampilan Proses Sains, Guru Fisika Tersertifikasi ABSTRACT The objectives of the research are to discover certified physics teachers’ knowledge On science process skill level in sinjai District based on (1) certification period, (2) teachers’ working period, and (3) linearity and education level.The subjects of the Research were all physics teachers who had been certified in 2006 – 2014 with the Total of 21 teachers. The data of the research was collected by giving science process Skill knowledge test to physics teachers. The result of the test reveal that the eight Indicators of physics science process skill as the test that consist of (1) classification With sub indicator of grouping; (2) interpretation with sub indicator of concluding; (3) predicting with sub indicator of stating what possibly may happen in unobserved Condition ; (4) asking question with sub indicator of asking question with hypothesis background; (5) hypothesis with sub indicator of knowing that there are more than 1 possibilities of explanation of 1 event; (6) planning test with sub indicator of deciding tools/materials which are used and deciding determinant variabel/factor; (7) implementing concept with sub indicator of implementing concept in new situation; and (8) communicating with sub indicator of reading grapich and explaining experiment result. The data collections were then analyzed descriptively and qualitatively. The conclusion based on the result of physics science process skill knowledge test which is based on the year of passing certification, working time period, and linearity and education level, is long period of certification and teaching do not guarantee the improvement of teachers’ knowledge on science process skill; whereas, based on education linearity, it can be concluded that there is high tendency of teacherswho have educational background from Mathematics and Natural Science Faculty compared to Engineering Faculty. Keywords: Science Proses Skill, Certified Physics Teacher

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jun 2017 04:03
Last Modified: 13 Jun 2017 04:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2587

Actions (login required)

View Item View Item