PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH AMANAH LUTANG KABUPATEN MAJENE

MULIANI (2022) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH AMANAH LUTANG KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
smpul ku.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB I-3.docx

Download (138kB)
[img] Text
RKH I.docx

Download (28kB)
[img] Text
RKH II.docx

Download (28kB)
[img] Text
Siklus I.docx

Download (36kB)
[img] Text
Siklus II.docx

Download (41kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (466kB)

Abstract

MULIANI, 2013. Peningkatan penguasaan kosa kata anak melalui metode bernyanyi di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Amanah Lutang Kabupaten Majene. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Kartini Marzuki, M.Si sebagai pembimbing I dan Drs. Markus Tikko Parambuan, M. Si sebagai pembimbing II pada Program Studi pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kosa kata anak TK Aisyiyah Amanah Lutang Kabupaten Majene. Rumusan masalah adalah bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan kosakata anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Amanah Lutang Kabupaten Majene?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan kosakata anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Amanah Lutang Kabupaten Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah 1) Metode bernyanyi dan 2) Penguasaan kosa kata. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 20 anak kelompok A TK Aisyiyah Amanah Lutang Kabupaten Majene. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: siklus I aktivitas mengajar guru kategori cukup dan aktivitas belajar anak kategori cukup dan pada siklus II aktivitas mengajar mengajar guru dan belajar anak meningkat menjadi kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan penerapan metode bernyanyi dapat meningkatkan penguasaan kosakata anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Amanah Lutang Kabupaten Majene.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Dec 2022 01:54
Last Modified: 01 Dec 2022 01:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25862

Actions (login required)

View Item View Item