STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN DISIPLIN ANAKDI TAMAN KANAK-KANAK DASA WISMA APALAKECAMATAN BAREBBO KABUPATEN BONE

Nursyariha, (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN DISIPLIN ANAKDI TAMAN KANAK-KANAK DASA WISMA APALAKECAMATAN BAREBBO KABUPATEN BONE.

[img] Text
lampiran2 penelitian.docx

Download (46kB)
[img] Text
skripsiQ 3.docx

Download (1MB)

Abstract

Nursyariha, 2013. Strategi Guru dalam Mengembangkan Disiplin Anak di Taman Kanak-kanak Dasa Wisma Apala Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Rusmayadi, S.pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Fokus penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam mengembangkan disiplin anak di Taman Kanak-kanak Dasa Wisma Apala Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan disiplin anak di Taman Kanak-kanak Dasa Wisma Apala Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan unit analisis 1 guru sebagai informan.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik analisis data penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan strategi guru dalam mengembangkan disiplin anak di Taman Kanak-kanak Dasa Wisma Apala Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone melalui kegiatan rutin (pembiasaan) yaitu kegiatan yang dilakukan setiap hari dengan mengajak, menyuruh dan menuntun anak seperti berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan, melaksanakan tata tertib yang ada di sekolah, mendengarkan orangtua berbicara, mengembalikan mainan pada tempatnya setelah digunakan, membuang sampah pada tempatnya, sabar menunggu giliran dan melaksanakan tugas yang diberi oleh guru. Kegiatan spontan dilakukan guru pada anak yaitu dengan memberi penguatan pada perilaku anak yang baik berupa pujian dan hadiah dan teguran pada perilaku anak yang kurang baik berupa ancaman dan nasehat. Kegiatan teladan dilakukan guru dengan menjadi model yaitu memberi contoh atau teladan yang baik kepada anak seperti berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan, melaksanakan tata tertib yang ada di sekolah, mendengarkan orangtua berbicara, mengembalikan mainan pada tempatnya setelah digunakan, membuang sampah pada tempatnya, sabar menunggu giliran dan melaksanakan tugas yang diberi oleh guru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Dec 2022 01:41
Last Modified: 01 Dec 2022 01:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25860

Actions (login required)

View Item View Item