PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAKCOKROAMINOTO KABUPATEN MAJENE

MASNAH HARIS (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAKCOKROAMINOTO KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.docx

Download (107kB)
[img] Text
BAB I-II-III-IV-V DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (91kB)
[img] Text
L A M P I R A N.docx

Download (65kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.doc.docx

Download (187kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (2MB)

Abstract

Masnah Haris, 2013 Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Metode Bercerita dengan Gambar di Taman Kanak-Kanak Cokroaminoto Kabupaten Majene. Skripsi ini dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Drs. Nahrawi, M.Si. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita dengan gambar di Taman Kanak-Kanak Cokroaminoto Kabupaten Majene? Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita dengan gambar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak didik kelompok B yang berjumlah 20 yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan dan 1 orang guru Taman Kanak-Kanak Cokroaminoto Kabupaten Majene. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan berbicara anak masih dikategorikan cukup karena semua kegiatan yang dilaksanakan belum maksimal, hal ini ditandai dengan penggunaan lafal dan intonasi yang diungkapkan anak dalam bercerita masih kurang, serta penguasaan kosakata dalam bercerita masih terbatas dalam kegiatan sesuai dengan indikator yang telah diterapkan namun setelah masuk ke siklus II kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-Kanak Cokroaminoto Kabupaten Majene dikategorikan baik karena anak mampu mencapai indikator dalam hal, mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara runtut, menjawab pertanyaan sederhana, bercerita tentang gambar yang disediakan/dibuat sendiri dengan urut, serta menceritakan pengalaman/kejadian secara sederhana dengan runtut, yang ditandai dengan penggunaan lafal dan intonasi, serta pengusaan kosakata anak dalam bercerita yang baik. Jadi kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-Kanak Cokroaminoto Kabupaten Majene dapat meningkat melalui penerapan metode bercerita dengan gambar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Dec 2022 01:22
Last Modified: 01 Dec 2022 01:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25858

Actions (login required)

View Item View Item