PENERAPAN KEGIATAN ORIGAMI DALAM MENINGKATKAN FISIK MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PGRI PARAPPE KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE

SUHARNI (2022) PENERAPAN KEGIATAN ORIGAMI DALAM MENINGKATKAN FISIK MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PGRI PARAPPE KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.docx

Download (78kB)
[img] Text
BABI.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (54kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (69kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (110kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (33kB)

Abstract

Suharni. 2013. Penerapan Kegiatan Origami Dalam Meningkatkan Fisik Motorik Halus Anak di Taman Kanak-Kanak PGRI Parappe Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene. Skripsi. Dibimbing oleh Arifin Manggau, S.Pd,M.Pd dan Drs. Markus Tikko Parammbuan, M.Si pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini berfokus pada masalah bagaimanakah penerapan kegiatan origami dalam meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak di Taman Kanak-Kanak PGRI Parappe Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene ? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan origami dalam meningkatkan fisik motorik halus anak di Taman Kanak-Kanak PGRI Parappe Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene. Pendakatan yang digunakan dalam peneliain ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menjadikan 1 (satu) guru dan 12 orang anak yang terdiri dari 5 laki-laki dan 7 perempuan di Taman Kanak-Kanak PGRI Parappe Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi untuk mendapatkan data anak dalam kaitannya dengan meningkatkan motorik halus anak melalui penerapan kegiatan origami. Prosedur dan pelaksanaan kegiatan dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan fisik motorik halus anak. Hal ini terlihat kemampuan fisik motorik halus anak meningkat dari siklus 1 masih terdapat beberapa anak yang kemampuan fisik motorik halusnya berada dalam kategori kurang dan pada siklus II terlihat sudah tidak tedapat anak yang berada dalam kategori kurang dalam kegiatan dengan kemampuan anak kategori kurang menjadi cukup bahkan menjadi baik sangat baik dalam hal kelenturan otot jari tangan dan koordinasi mata dan tangan anak saat melakukan kegiatan yang didominasi melaui penerapan kegiatan origami begitupun aktivitas mengajar guru juga sudah optimal begitupun aktivitas mengajar guru pun sudah optimal. Maka melalui penerapan kegiatan origami maka fisik motorik halus anak di Taman Kanak-Kanak PGRI Parappe Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2022 05:39
Last Modified: 30 Nov 2022 05:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25851

Actions (login required)

View Item View Item