SALVIAH ALI (2022) PENERAPAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN KARTU BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK NAHDIYAT KABUPATEN MAJENE.
Text
smpul ku.docx Download (55kB) |
|
Text
BAB I-III.docx Download (64kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (51kB) |
|
Text
RKH I.docx Download (34kB) |
|
Text
RKH 2.docx Download (34kB) |
|
Text
Siklus I.docx Download (34kB) |
|
Text
Siklus 2.docx Download (40kB) |
|
Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx Download (2MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (28kB) |
Abstract
Salviah Ali, 2013. Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Kartu Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak di Taman Kanak-Kanak Nahdiyat Kabupaten Majene. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Herman, S.Pd, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-Kanak Nahdiyat Kabupaten Majene. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan metode bercerita menggunakan kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-Kanak Nahdiyat Kabupaten Majene?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode bercerita menggunakan kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-Kanak Nahdiyat Kabupaten Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah 1) metode bercerita dengan kartu bergambar dan 2) kemampuan berbicara anak. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 15 anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Nahdiyat Kabupaten Majene. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berbicara anak melalui penerapan metode bercerita dengan kartu bergambar. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I aktivitas mengajar guru kategori cukup karena hanya sebagian langkah-langkah kartu bergambar yang terlaksana dan aktivitas belajar anak kategori cukup karena hanya sebagian indikator kemampuan berbicara anak yang terlaksana dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak meningkatkan menjadi kategori baik karena langkah-langkah kartu bergambar dan kemampuan berbicara anak terlaksana. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan berbicara anak melalui penerapan metode bercerita dengan kartu bergambar di Taman Kanak-Kanak Nahdiyat Kabupaten Majene dapat ditingkatkan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 03:49 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 03:49 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25845 |
Actions (login required)
View Item |