Strategi Mahasiswa dalam Tulisan Akademik: Subuah Studi tentang Strategi Belajar yang Digunakan oleh Mahasiswa Berprestasi di STKIP Muhammadiyah Bone

BIN UKKA. 2016., SYAMSIR (2016) Strategi Mahasiswa dalam Tulisan Akademik: Subuah Studi tentang Strategi Belajar yang Digunakan oleh Mahasiswa Berprestasi di STKIP Muhammadiyah Bone. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
05. Abstract.docx

Download (24kB)

Abstract

ABSTRACT SYAMSIR BIN UKKA. 2016. Students’ Strategies in Academic Writing: A Study on Learning Strategies Used by High-Achievement Students at Stkip Muhammadiyah Bone. (Supervised by Baso Jabu and Sukardi Weda) This research aimed to find out the strategies used by the high-achievement students in academic writing and to find out the lecturers’ perception about the strategies applied by the students at STKIP Muhammadiyah Bone. This research is a descriptive qualitative research that applied two research questions. The data was collected from the subjects that consist of six students and one lecturer. The research subjects were chosen by purposive sampling technique. The researcher was the main instrument of the research and applied interview and taking the research notes by using observation sheets. This research used interview and observation to collect the data. The writing class activities were observed and the respondents were interviewed. The results were analyzed descriptively. Based on the data analysis, the writer found that students used different learning strategies in academic writing. Students A and C used cooperative learning strategy because they enjoyable in small group discussions before make decision while Students B and E used mapping strategy who like follow the structured writing stage of writing. Student D used spider web strategy that refers to arrange the ideas more structured and Student F used collaborative learning strategy that student who like giving and asking help. The lecturer’s perception indicated that students who learnt writing skill use different strategies based on their understanding level. The findings and conclusions noted that the learning strategies applied by the students in this research based on their achievement level and learning style. By these learning strategies, the students are capable to increase their writing skill by using the appropriate strategy. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menemukan strategy yang digunakan oleh mahasiswa berprestasi dalam akademik menulis di STKIP Muhammadiyah Bone dan menemukan persepsi dosen tentang strategi yang diterapkan oleh mahasiswa di STKIP Muhammadiyah Bone. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang diterapkan untuk kedua pertanyaan penelitian. Data dikumpulkan dari sampel yang terdiri dari enam orang mahasiswa dan seorang dosen. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Peneliti adalah instrument utama dan menerapkan wawancara dan pengamatan menggunakan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi untuk melengkapi data. Kegiatan kelas menulis diobservasi dan responden diwawancarai. Hasilnya dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan dari analisis data, ditemukan bahwa beberapa mahasiswa menggunakan strategi belajar yang berbeda dalam akademik menulis. Mahasiswa A dan C menggunakan strategi cooperative learning karena mereka senang dalam diskusi kelompok sebelum membuat keputusan manakala mahasiswa B dan E mengguanakan strategi mapping yang suka mengikuti langkah-langkah menulis dengan terstruktur. Mahasiswa D menggunakan strategi spider web yang lebih kepada menyusun ide-ide yang lebih tersusun rapi dan mahasiswa F menggunakan strategy collaborative learning yang dimana siswa memberi dan meminta bantuan. Persepsi dosen mengatakan bahwa setiap mahasiswa yang belajar keterampilan menulis harus menggunakan strategi yang berbeda berdasarkan tingkat pemahamannya masing-masing. Temuan dan kesimpulan mencatat bahwa strategi belajar yang diterapkan oleh mahasiswa dalam penelitian ini berdasarkan pada tingkat pemahaman dan gaya belajar mereka. Dengan strategi belajar ini, mahasiswa mampu meningkatkan keterampilan menulis mereka dengan menggunakan strategi tetentu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jun 2017 03:34
Last Modified: 13 Jun 2017 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2582

Actions (login required)

View Item View Item