PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BARANG BEKAS DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK DIDIK DI TAMAN KANAK-KANAK AL-FATIHAH II KOTA MAKASSAR

Tri Setiyaningrum (2022) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BARANG BEKAS DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK DIDIK DI TAMAN KANAK-KANAK AL-FATIHAH II KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Halaman Awal.doc

Download (95kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB I. PENDAHULUAN.doc

Download (47kB)
[img] Text
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA & KERANGKA PIKIR.doc

Download (102kB)
[img] Text
BAB III. METODE PENELITIAN.doc

Download (48kB)
[img] Text
BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.doc

Download (135kB)
[img] Text
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN.doc

Download (37kB)
[img] Text
Halaman Akhir.doc

Download (17MB)

Abstract

TRI SETIYANINGRUM, 2012. Pemanfaatan media pembelajaran barang bekas dalam mengembangkan kreativitas anak didik di Taman Kanak-Kanak Al–Fatihah II Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si dan Dr. Pattaufi, S.Pd., M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah bagaimana pemanfaatan media pembelajaran barang bekas dalam mengembangkan kreativitas anak didik di Taman Kanak-kanak Al-Fatihah II Kota Makassar. Permasalahannya adalah bagaimana proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak Al-Fatihah II Kota Makassar dengan memanfaatkan media pembelajaran barang bekas dalam upaya mengembangkan kreativitas anak didik?. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak Al-Fatihah II Kota Makassar dengan memanfaatkan media pembelajaran barang bekas dalam upaya mengembangkan kreativitas anak didik. Pendekatan dilakukan bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini berfokus pada pemanfaatan media pembelajaran barang bekas dalam mengembangkan kreativitas anak didik di Taman Kanak-kanak Al-Fatihah II Kota Makassar. Yang menjadi subjek penelitian adalah 17 anak didik yang terdiri dari 10 anak laki-laki, 7 anak perempuan dan 2 guru. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh diverivikasi secara deskriptif kualitatif. Hasil pengumpulan data selanjutnya dilakukan reduksi data guna memperoleh data yang akurat dan memperoleh taraf kepercayaan tinggi. Hasil dari reduksi data dan penyajian data selanjutnya diperoleh kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan Pengembangan kreativitas anak didik dalam proses pembelajaran di TK Al-Fatihah II Kota Makassar yang menggunakan media pembelajaran barang bekas. Ciri-ciri kemampuan berfikir aptitude (berpikir kreatif) dan ciri-ciri non aptitude (berpikir afektif) dapat dimunculkan anak dalam proses pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran yang memanfaatkan barang bekas.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Nov 2022 01:36
Last Modified: 29 Nov 2022 01:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25811

Actions (login required)

View Item View Item