Penerapan Teknik Bermain Kolase Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Cabang Kabupaten Pangkep.

Suwarni Ali, (2022) Penerapan Teknik Bermain Kolase Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Cabang Kabupaten Pangkep.

[img] Text
1.SAMPUL.doc

Download (109kB)
[img] Text
2.HALAMAN DEPAN.doc

Download (121kB)
[img] Text
3.SKRIPSI SUWARNI.docx

Download (101kB)
[img] Text
8.LAMPIRAN.doc

Download (261kB)
[img] Text
9.RENCANA KEGIATAN HARIAN.doc

Download (146kB)
[img] Text
10.DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (2MB)
[img] Text
11.DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (39kB)

Abstract

Suwarni Ali, 2013. Penerapan Teknik Bermain Kolase Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Cabang Kabupaten Pangkep. Skripsi dibimbing oleh Dr.Parwoto, M.Pd dan Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Teknik Bermain Kolase dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Cabang Kabupaten Pangkep, dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Teknik Bermain Kolase dalam meningkatkan motorik halus anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Cabang Pangkep. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian ini di Jl.Andi Mandacingi No.03 kel.Tumampua Kec.Pangkajene Kab.Pangkep yaitu tepat di taman Kanak-Kanak Pertiwi Cabang . Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah anak didik pada kelompok B2 yang berjumlah 13 orang yang terdiri dan 7 perempuan dan 6 laki-laki dan 1 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik observasi, dan dokumentasi selama proses belajar berlangsung. Pelaksanaan tindakan terdiri dari dua siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan. Pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil ynag diperolah pada siklus I, langkah-langkah bermain kolase yang diberikan olah guru belum terlaksana dengan baik. Pada siklus II, langkah-langkah bermain kolase olah guru sudah terlaksana dengan baik, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui tehnik bermain kolase dapat meningkatkan kemampuan motorik halus yakni kemampuan anak dalam melenturkan otot-otot jari,otot-otot pergelangan tangan dan mengkoordinasikan mata dan tangan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:29
Last Modified: 28 Nov 2022 06:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25803

Actions (login required)

View Item View Item