PENERAPAN BERMAIN LIPATAN KERTAS DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI CABANG KABUPATEN PANGKEP

MARSANTI (2022) PENERAPAN BERMAIN LIPATAN KERTAS DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI CABANG KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
SAMPUL.doc

Download (108kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (120kB)
[img] Text
SKRIPSI MARSANTI BARU.docx

Download (108kB)
[img] Text
LAMPIRAN.doc

Download (158kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN MARSANTI 2007 .doc

Download (195kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (59kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (34kB)

Abstract

Marsanti, 2013. Penerapan Bermain Lipatan Kertas Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Cabang Kabupaten Pangkep. Skripsi dibimbing oleh Dr.Parwoto, M.Pd dan Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan bermain lipatan kertas dapat mengembangkan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi Cabang Kabupaten Pangkep. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan bermain lipatan kertas dalam mengembangkan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi Cabang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian ini bertempat di taman Kanak-Kanak Pertiwi Cabang Kabupaten Pangkep. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah anak didik pada kelompok B5 yang berjumlah 10 orang yang terdiri dari 5 perempuan dan 5 laki-laki dan 1 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I menunjukkan kemampuan motorik halus anak masih kurang hal ini dikarenakan guru membawakan pelajaran kurang menarik perhatian anak sehingga hasilnya kurang maksimal. Sedangkan pada siklus II kemampuan motorik halus anak mengalami peningkatan dengan baik hal ini dikarenakan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran disiapkan secara maksimal. Hal ini dapat dilihat pada saat kegiatan bermain lipatan kertas anak sudah mampu melenturkan otot jari tangan, otot pergelangan dan mengkoordinasikan mata dan tangan tanpa bantuan orang lain. Dengan demikian kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan bermain lipatan kertas di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Cabang Kabupaten Pangkep dapat dikembangkan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:24
Last Modified: 28 Nov 2022 06:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25802

Actions (login required)

View Item View Item