PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK MELALUI PENGGUNAAN KARTU KATA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI CABANG KABUPATEN PANGKEP

SAIDAH (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK MELALUI PENGGUNAAN KARTU KATA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI CABANG KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
SAMPUL.doc

Download (109kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (117kB)
[img] Text
SKRIPSI SAIDAH.docx

Download (88kB)
[img] Text
LAMPIRAN BARU.docx

Download (34kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN SAIDAH 2007.doc

Download (194kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (619kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (43kB)

Abstract

Saidah, 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Penggunaan Kartu Kata Bergambar Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Cabang Kabupaten Pangkep. Skripsi dibimbing oleh Dr.Parwoto, M.Pd dan Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca awal anak di Taman Kanak- Kanak Pertiwi Cabang Pangkep. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca membaca awal anak di Taman Kanak- Kanak Pertiwi Cabang Pangkep. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian ini bertempat di taman Kanak-Kanak Pertiwi Cabang Kabupaten Pangkep. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah anak didik pada kelompok B yang berjumlah 15 orang yang terdiri dan 7 perempuan dan 8 laki-laki dan 1 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui melalui penggunaan kartu kata bergambar dapat mengembangkan kemampuan membaca awal anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Cabang Kabupaten Pangkep yakni kemampuan anak dalam menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal dan menyebutkkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/ huruf awal yang sama.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:13
Last Modified: 28 Nov 2022 06:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25800

Actions (login required)

View Item View Item