A.M, FITRIANI (2022) PANDANGAN TERHADAP IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 SELAYAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.
Text
JURNAL_Fitriani A.M_1882042006. - Fitriani Fitri.pdf Download (297kB) |
Abstract
Pandangan Terhadap Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Seni Tari pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Selayar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sendratasik, Jurusan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Dr. Sumiani, M.Hum (I), dan Selfiana Saenal, S.Pd.,M.Sn (II). Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana pandangan siswa terhadap implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran teori seni tari pada kelas X SMA Negeri 4 Selayar (2) Bagaimana pandangan siswa terhadap implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran praktek tari pada kelas X SMA Negeri 4 Selayar. Penelitian ini menggunakan metode survei. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data yang dilakukan adalah kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 60 orang siswa, yang bertujuan untuk mendeskripsikan pandangan terhadap implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran teori dan praktek seni tari. Data kualitatif diperoleh dari respon siswa selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Untuk pembelajaran teori seni tari dari 60 (100%) siswa terdapat 5 orang siswa (8,3%) tidak menyadari serta 55 orang siswa (91,6%) menyadari adanya tahap mengamati dan 7 orang siswa (11,6%) tidak menyadari serta 53 orang siswa (88,3%) menyadari adanya tahap menalar pada pendekatan saintifik dalam pembelajaran teori seni tari. Sedangkan dalam tahap menanya, mencoba dan mengkomunikasikan dari 60 siswa semua menyadari adanya tahap tersebut dalam pembelajaran teori seni tari. (2) Dari hasil penelitian dalam pembelajaran praktek seni tari dari 60 siswa (100%) terdapat 5 orang siswa (8,3%) tidak menyadari serta 55 orang siswa (91,6%) menyadari adanya tahap mencoba dan 3 orang siswa (5%) tidak menyadari serta 57 orang siswa (95%) menyadari adanya tahap menalar pada pendekatan saintifik dalam pembelajaran praktek seni tari. Sedangkan dalam tahap mengamati, menanya, dan mengkomunikasikan dari 60 siswa semua menyadari adanya tahap tersebut dalam pembelajaran praktek seni tari. Kata Kunci: Pandangan, Implementasi, Saintifik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik |
Divisions: | FAKULTAS PSIKOLOGI |
Depositing User: | Pustaka FSD yayu |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 08:11 |
Last Modified: | 29 Nov 2022 08:11 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25790 |
Actions (login required)
View Item |