FATMAWATI MACHMUD (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI PEMANFAATAN KARTU BERGAMBAR DI TAMAN KANAK - KANAK NURUL IZZAH KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR.
Text
DAFTAR Nurul Izza.docx Download (48kB) |
|
Text
PEMANFAATAN KARTU BERGAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK TAMAN KANA1.docx Download (142kB) |
|
Text
RKH NURUL IZZA.doc Download (92kB) |
Abstract
Fatmawati Machmud, 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Pemanfaatan Kartu Bergambar di Taman Kanak-kanak Nurul Izzah Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra Istiyani Idrus, M.si dan Azizah Amal, SS.M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah pemanfaatan kartu bergambar dalam peningkatan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-kanak Nurul Izzah Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu Bagaimanakah Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Pemanfaatan Kartu Bergambar di Taman kanak-kanak Nurul Izzah Kecamatan Biringkanaya Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak melalui pemanfaatan kartu bergambar di Taman Kanak-kanak Nurul Izzah kecamatan biringkanaya Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dilakukan pendekatan dengan Pendekatan kualitatif dengan empat tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah mengacu pada pemanfaatan kartu bergambar dalam peningkatan kemampuan membaca permulaaan anak di Taman Kanak-kanak Nurul Izzah Kecamatan Biringkanaya kota Makassar. Sasaran dan subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok A, sebanyak 12 anak yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpula data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data diolah dengan analisis kualitatif guna mendeskripsikan hasil penelitian yang diperoleh. Kesimpulan hasil penelitian yaitu, Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Pemanfaatan Kartu Bergambar mengalami peningkatan terlihat dari hasil siklus I dan Siklus II dari 12 anak, 10 anak mendapat penilaian baik dan 2 anak penilaian cukup dapat membaca gambar dan huruf, 10 anak mendapat penilain baik dan 2 anak penilaian cukup dalam membaca gambar dengan kata, dan semua anak mendapatkan penilaian baik dalam mencocokkan huruf dengan huruf. 10 anak mendapat penilaian baik dalam melengkapi gambar dan konsep kata dan 2 anak penilaian cukup dan 12 anak mendapat penilaian baik dalam belajar huruf dan mewarnai.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 03:45 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 03:45 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25784 |
Actions (login required)
View Item |