Dewi Fauliani. (2022) Penerapan Kegiatan Bermain Peran Dalam Meningkatkan Perilaku Sosial Anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Watansoppeng.
Text
abstrac.doc Download (32kB) |
|
Text
kata pengantar.doc Download (38kB) |
|
Text
DAFTAR ISI wiwi.doc Download (35kB) |
|
Text
bab1-daftar pustaka.doc Download (270kB) |
|
Text
FORMAT OBSERVASI GURU.doc Download (87kB) |
|
Text
lampiran anak asli.doc Download (165kB) |
|
Text
Foto Dokumentasi wiwi.doc Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.doc Download (26kB) |
Abstract
Dewi Fauliani. 2012. Penerapan Kegiatan Bermain Peran Dalam Meningkatkan Perilaku Sosial Anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Watansoppeng. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Prilaku Sosial di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Watansoppeng?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Perilaku Prilaku Sosial anak melalui kegiatan bermain peran di Taman Kanak-kanak Pertiwi I Watansoppeng. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subyek dalam penelitian ini 1 orang guru dan 16 orang anak. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Observasi dan Dokumentasi, analisis data yang digunakan terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan bermain peran Prilaku Sosial anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Watansoppeng meningkat, hal ini terungkap melalui hasil observasi pada aktivitas belajar anak, selain itu tampak pada proses belajar mengalami perubahan, anak terlihat sangat bersemangat mengikuti pelajaran dan hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua, terbukti dari target keberhasilan. Melalui kegiatan bermain peran anak sudah dapat berinteraksi dengan guru dan teman dengan baik, bekerja sama mengikuti aturan permainan, dan anak mampu bersosialisasi menjadi pendengar dan pembicara yang baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 03:39 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 03:39 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25782 |
Actions (login required)
View Item |