Penerapan Kegiatan Bermain Peran Dalam Meningkatkan Perilaku Sosial Anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Watansoppeng

Dewi Fauliani. (2022) Penerapan Kegiatan Bermain Peran Dalam Meningkatkan Perilaku Sosial Anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Watansoppeng.

[img] Text
abstrac.doc

Download (32kB)
[img] Text
kata pengantar.doc

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR ISI wiwi.doc

Download (35kB)
[img] Text
bab1-daftar pustaka.doc

Download (270kB)
[img] Text
FORMAT OBSERVASI GURU.doc

Download (87kB)
[img] Text
lampiran anak asli.doc

Download (165kB)
[img] Text
Foto Dokumentasi wiwi.doc

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.doc

Download (26kB)

Abstract

Dewi Fauliani. 2012. Penerapan Kegiatan Bermain Peran Dalam Meningkatkan Perilaku Sosial Anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Watansoppeng. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Prilaku Sosial di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Watansoppeng?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Perilaku Prilaku Sosial anak melalui kegiatan bermain peran di Taman Kanak-kanak Pertiwi I Watansoppeng. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subyek dalam penelitian ini 1 orang guru dan 16 orang anak. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Observasi dan Dokumentasi, analisis data yang digunakan terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan bermain peran Prilaku Sosial anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Watansoppeng meningkat, hal ini terungkap melalui hasil observasi pada aktivitas belajar anak, selain itu tampak pada proses belajar mengalami perubahan, anak terlihat sangat bersemangat mengikuti pelajaran dan hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua, terbukti dari target keberhasilan. Melalui kegiatan bermain peran anak sudah dapat berinteraksi dengan guru dan teman dengan baik, bekerja sama mengikuti aturan permainan, dan anak mampu bersosialisasi menjadi pendengar dan pembicara yang baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:39
Last Modified: 28 Nov 2022 03:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25782

Actions (login required)

View Item View Item