PENGEMBANGAN PERILAKU SOSIAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI SIBATUA KECAMATAN PANGKAJENE KABUPATEN PANGKEP

HARLINA (2022) PENGEMBANGAN PERILAKU SOSIAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI SIBATUA KECAMATAN PANGKAJENE KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
SAMPUL HARLINA.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB I -BAB V LAMPIRAN.docx

Download (818kB)

Abstract

Harlina, 2013. Pengembangan Perilaku Sosial Anak Melalui Kegiatan Bermain Peran Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Sibatua Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd selaku pembimbing I dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang bagaimanamengembangkan perilaku sosial anak melalui kegiatan bermain peran di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Sibatua Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep. Masalah utama penelitian ini adalah kurangnya perilaku sosial anak di dalam lingkungan sekolah. Indikator yang menjadi penelitian disini yang berhubungan dengan perilaku sosial anak, yaitu: (1) Anak dapat bekerja sama dengan teman, (2) Anak mau berbagi dengan teman, (3) Anak suka menolong teman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan perilaku sosial anak melalui kegiatan bermain peran di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Sibatua Kecamatan Pangkajene kabupaten Pangkep. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ), yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif dari hasil observasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan indikator keberhasilan memadai, dimana pada siklus pertama pertemuan pertama penilaian anak masih banyak yang belum bisa melaksanakan indikator yang diteliti, pertemuan kedua mengalami sedikit peningkatan, anak sudah mampu melaksanakan indikator tetapi dengan bimbingan guru. Dan pada siklus kedua pertemuan pertama juga mengalami peningkatan dimana sudah ada anak yang dapat melaksanakan indikator yang diteliti dengan baik walaupun masih ada beberapa orang anak yang memerlukan bimbingan guru. Sedangkan untuk pertemuan kedua siklus kedua sudah terlihat jelas mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik, ada beberapa orang anak yang sudah mampu melaksanakan indikator dengan sangat baik dan sudah tidak ada lagi anak yang tidak bisa melaksanakan indikator yang diteliti. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa jika kegiatan bermain peran dilakukan maka perilaku sosial anak dapat berkembang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:31
Last Modified: 28 Nov 2022 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25781

Actions (login required)

View Item View Item