PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUIKEGIATAN BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK TERATAI UNM KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

NURCAYA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUIKEGIATAN BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK TERATAI UNM KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1 - Bagian Depan Skripsi 1.docx

Download (74kB)
[img] Text
1 - Bagian Depan Skripsi 2 - Lembar Persetujuan Pembimbing.docx

Download (47kB)
[img] Text
1 - Bagian Depan Skripsi 3 - Lembar Pengesahan.docx

Download (47kB)
[img] Text
2 - Isi Skripsi.docx

Download (142kB)
[img] Text
3 - Lampiran 1 dan 2 - Kisi-Kisi Instrumen Penelitian dan Lembar Observasi.docx

Download (132kB)
[img] Text
3 - Lampiran 3 - Lembar Observasi Aktivitas Guru Siklus I - 1.docx

Download (22kB)
[img] Text
3 - Lampiran 4 - Keterangan Tabel.docx

Download (17kB)
[img] Text
3 - Lampiran 5 - Rencana Kegiatan Harian.docx

Download (30kB)
[img] Text
3 - Lampiran 6 - Skenario Pembelajaran.docx

Download (18kB)
[img] Text
3 - Lampiran 7 - Dokumentasi Penelitian.docx

Download (1MB)
[img] Text
3 - Lampiran 9 - Daftar Riwayat Hidup.docx

Download (128kB)

Abstract

Nurcaya. 2013 Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Kegiatan Bermain Peran di Taman Kanak-Kanak Teratai Universitas Negeri Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Kartini Marzuki M.Si dan Herman, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Uisia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui kegiatan bermain peran pada Taman Kanak-Kanak Teratai Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui kegiatan bermain peran di Taman Kanak-kanak Teratai Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 4 (empat) komponen yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan teknik refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelompok A yang berjumlah 18 orang anak dengan rincian 7 orang anak laki-laki dan 11 anak perempuan dan seorang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik dokumentasi penelitian. Analisis data yang diperoleh dengan menggunakan analisis kualitatif sehingga data yang terungkap melalui observasi dan dokumentasi akan dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif yang bertujuan untuk mendeksripsikan hasil penelitian yang telah diperoleh dan menunjukkan aktivitas belajar pada siklus I yang berada pada kategori masih kurang sedangkan siklus II mengalami peningkatan pada kategori baik. Langkah-langkah bermain peran sudah terlaksana dengan baik untuk menerapkan kegiatan bermain peran dan bahasa ekspresif anak meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain peran dapat mengalami peningkatan melalui kemampuan bahasa ekspresif anak pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak Teratai Universitas Negeri Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:21
Last Modified: 28 Nov 2022 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25780

Actions (login required)

View Item View Item