QASIDAH SEBAGAI MEDIA MELATIH KETERAMPILAN BERMUSIK DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MADRASAH ALIYAH NEGERI LUWU UTARA

NURMALA, NURMALA (2022) QASIDAH SEBAGAI MEDIA MELATIH KETERAMPILAN BERMUSIK DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MADRASAH ALIYAH NEGERI LUWU UTARA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL NUR MALA, S. Pd - Nurmala Subo.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikian Qasidah sebagai media melatih keterampilan bermusik dalam kegiatan ekstrakurikuler di Madrasag Aliyah Negeri Luwu Utara, (2) Mendeskripsikan Faktor-faktor yang mempengaruhi Qasidah sebgau media melati keterampilan bermusik dalam kegiatan kestrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri Luwu Utara. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan untuk memperoleh data-data berupa lisan maupun tulisan dari hasil pengamatan. Sumber data penelitian adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dari hasil penelitian dan hasil observasi yang dilakukan dilapangan yaitu kegiatan ekstrakurikuler, dan data sekunder, yaitu data yang diperoleh melalui telaah perpustakaan, selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara yaitu dengan melakukan komunikasi langsung dengan narasumber yang berkaitan dengan judul penelitian. dan dokumentasi yang diambil melalui ponsel dilokasi penelitian. kemudian teknik analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Bagaimana Qasidah sebagai media melatih keterampilan bermusik dalam kegiatan ekstrakurikuler, yang dimana pelatih memberikan gambaran tentang Qasidah atau teknik-teknik dasar dalam bermain Qasidah dengan mengiringi lagu yang sedang didengarkan, membuat para siswa memiliki keterampilan secara ritmis melalui tabuhan dengan pola yang ditentukan yang dimana siswa mengetahui tentang cepat lambat suatu tabuhan (Tempo), Keras Lembut suatu tabuhan (Dinamika) dan keselarasan atau keserasian dalam menabuh dengan pola yang sudah ditentukan (Harmoni), dan secara melodi dari lagu yang telah ditentukan yang dimana siswa mengetahui nada-nada baik tinggi maupun rendah suatu lagu (Pitch), cepat atau lambat suatu lagu (tempo), Keras Lembut suatu lagu (Dinamika), dan keserasian melodi dan ritmis (Harmoni). Kemudian Faktor-faktor yang mempengaruhi Qasidah sebagai media melatih keterampilan bermusik dalam kegiatan ekstrakurikuler, faktor pengdukung secara internal ada minat terhadap Qasidah, kekompakan dan kerja sama antar para siswa atau tim Qasidah, dan kesehatan para siswa. Secara eksternal dijadikan ekstrakurikuler, tuntutan untuk menampilkan yang lebih baik, dan dukungan dari kepala sekolah, guru, orang tua, dan siswa. Faktor penghambat secara internal kurangnya alat musik, penurunan minat terhadap Qasidah. secara eksternal kurangnya event yang diadakan mengenai Qasidah. Kata kunci : Qasidah, Media, Keterampilan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 29 Nov 2022 08:10
Last Modified: 29 Nov 2022 08:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25779

Actions (login required)

View Item View Item