PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN TEKNIK DASAR GERAK TARI DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA(TARI) PADA SISWA KELAS X DI SMAN 1 PASARWAJO

SAMSUDIN, NARWINDY (2022) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN TEKNIK DASAR GERAK TARI DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA(TARI) PADA SISWA KELAS X DI SMAN 1 PASARWAJO. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL NARWINDY SAMSUDIN - Narwindy S.pdf

Download (253kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknik dasar gerak tari melalui metode demonstrasi dengan menggunakan media audio visual dalam pembelajaran seni budaya(Tari) pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Pasarwajo. Permasalahan penelitian ini adalah banyak siswa yang belum memahami teknik dasar gerak tari dikarenakan adanya keterbatasan guru pada saat proses pembelajaran. Sejalan dengan data pra siklus pada teknik dasar gerak tari nilai rata-rata kelas sebesar 69,56%, menunjukkan adanya permasalahan yang berkaitan dengan teknik dasar gerak tari. Sehingga metode demonstrasi dengan menggunakan media audio visual menjadi upaya dalam meningkatkan kemampuan teknik dasar gerak tari. Penelitian ini merupakan Penelitian Action Research (Kualitatif dan Kuantitatif) yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X mipa SMA Negeri 1 Pasarwajo sebanyak 18 siswa.Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengolah skor aspek-aspek penilaian yang terdapat dalam penilaian tes praktik teknik dasar gerak tari. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai dan proses pembelajaran teknik dasar gerak tari dengan menggunakan media audio visual dalam pembelajaran seni budaya pada siswa kelas X mipa. Hasil siklus I sebesar 73,76% dan siklus II sebesar 79,86%. Sehingga banyak siswa dikatakan telah berhasil mencapai kriteria keberhasilan Tindakan dan pembelajaran yang dilaksanakan dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Kata kunci: Metode Demonstrasi, Gerak Tari.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 29 Nov 2022 08:10
Last Modified: 29 Nov 2022 08:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25778

Actions (login required)

View Item View Item