PENERAPAN METODE CERITA BERGAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU DISIPLIN PADAANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH PARANGA KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA

NURASIAH (2022) PENERAPAN METODE CERITA BERGAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU DISIPLIN PADAANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH PARANGA KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (71kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (23kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (46kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran.docx

Download (1MB)
[img] Text
Jadwal Penelitian.docx

Download (30kB)
[img] Text
Lampiran - Dokumentasi.docx

Download (786kB)
[img] Text
Lampiran Cerita Bergambar.docx

Download (8MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (474kB)

Abstract

Nurasiah, 2013, Penerapan Metode Cerita Bergambar dalam Mengembangkan Perilaku Disiplin pada Anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Paranga Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Azizah Amal S.S, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan metode bercerita dalam mengembangkan perilaku disiplin pada anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Paranga Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode bercerita dalam mengembangkan perilaku disiplin pada anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Paranga Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Fokus penelitian ini adalah perilaku disiplin dan metode cerita bergambar. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri atas 22 anak didik yaitu 10 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap mereduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai setelah penerapan metode cerita bergambar yakni perilaku disiplin anak berkembang dimana pada indikator pertama, anak mampu datang tepat waktu, anak menunjukkan perilaku disiplin dengan datang tepat waktu ke sekolah. Pada indikator kedua, anak mampu mentaati aturan yang telah disepakati, anak menunjukkan perilaku disiplin dengan mentaati aturan yang ada di sekolah dan aturan dalam permainan. Demikian pula pada indikator ketiga, anak mampu tertib menunggu giliran, anak menujukkan perilaku disiplin dengan tertib menunggu giliran saat mencuci tangan sebelum dan sesudah makan serta tertib saat menggunakan alat bermain.. Sebagai kesimpulan, metode cerita bergambar dapat mengembangkan perilaku disiplin anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Paranga. Karena itu, metode cerita bergambar direkomendasikan untuk dijadikan alternatif tindakan dalam mengembangkan perilaku disiplin anak di Taman Kanak-Kanak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:05
Last Modified: 28 Nov 2022 03:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25775

Actions (login required)

View Item View Item