PERANCANGAN MEDIA INFORMASI DAMPAK KETERGANTUNGAN GADGET PADA ANAK SEKOLAH DASAR

SHINTA DELIMA, ALDILA (2022) PERANCANGAN MEDIA INFORMASI DAMPAK KETERGANTUNGAN GADGET PADA ANAK SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Jurnal Aldila Shinta Delima - ALL IN.pdf

Download (583kB)

Abstract

Perancangan ini bertujuan merancang sebuah media informasi mengenai dampak ketergantungan gadget pada anak. Metode perancangan yang digunakan adalah metode Research and Development atau metode penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam metode ini adalah model 4-D (four D) yaitu, Define atau pendefinisian, Design atau perancangan, Develop atau pengembangan, dan Disseminate atau penyebarluasan. Namun, dalam penelitian perancangan ini, langkah yang digunakan hanya pada tahap Define dan Design. Data penelitian didapatkan dari kajian kepustakaan, kuesioner, dan instrument penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif, copywriter, analisis segmentasi, dan SWOT. Adapun konsep perancangan yakni konsep ceria yang menampilkan ilustrasi dengan warna serta unsur-unsur yang unik, kreatif, penuh warna, fun dan imajinatif. Hasil perancangan ini berupa ilustrasi dampak dan manfaat membatasi gadget bagi anak dengan buku fisik sebagai media utamanya. Sedangkan untuk media pendukung x-banner, poster, totebag dan stiker. Semua media pendukung dibuat dengan memasukkan bagian gambar dan judul dari dampak dan manfaat membatasi gadget bagi anak agar mudah untuk dikenali. Kata Kunci: Buku ilustrasi, Dampak ketergantungan gadget

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Desain Komuniksi Visual
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 29 Nov 2022 08:10
Last Modified: 29 Nov 2022 08:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25774

Actions (login required)

View Item View Item