PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN DENGAN BERMAIN MEDIA ALAM DI TAMAN KANAK-KANAKAL-HIDAYAH KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA

WAHYUNI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN DENGAN BERMAIN MEDIA ALAM DI TAMAN KANAK-KANAKAL-HIDAYAH KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA.

[img] Text
1.SAMPUL.docx

Download (41kB)
[img] Text
2. HALAMAN DEPAN.docx

Download (42kB)
[img]
Preview
Image
3. Persetujuan Pembimbing.jpg

Download (991kB) | Preview
[img]
Preview
Image
4. Pengesahan Ujian Skripsi.jpg

Download (1MB) | Preview
[img] Text
5. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (14kB)
[img] Text
6 & 8. MOTTO dan PRAKATA.docx

Download (19kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
10. Daftar Tabel, Gambar, Lampiran.docx

Download (20kB)
[img] Text
11. ISI SKRIPSI.docx

Download (273kB)
[img] Text
12. Lampiran.docx

Download (54kB)
[img] Text
13. RKH.docx

Download (50kB)
[img] Text
14. Foto Dokumentasi.docx

Download (5MB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (541kB)

Abstract

Wahyuni. 2012. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Dengan Bermain Media Alam di Taman Kanak-Kanak Al-Hidayah Masamba Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Skripsi Ini dibimbing oleh Dr. Parwoto, M. Pd dan Herman, S. Pd., M. Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan dengan bermain media alam di Taman Kanak-Kanak Al-Hidayah Masamba Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan dengan bermain media alam di Taman Kanak-Kanak Al-Hidayah Masamba Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Fokus penelitian adalah konsep bilangan dan bermain dengan media alam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Researsch). Prosedur dan desain penelitian yang digunakan yang terdiri dari 4 tahap, tahapan-tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, rekapitulasi dan refleksi yang dilakukan secara berulang. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak Taman Kanak-Kanak Al-Hidayah Masamba Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara kelas B berjumlah 15 orang dan 1 orang guru. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, mengumpulkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan dapat meningkat dengan menggunakan kegiatan bermain dengan media alam. Adapaun peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan meliputi anak dapat menunjukkan lambang bilangan 1 sampai 10 dan anak dapat membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda) 1 sampai 10.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Nov 2022 02:48
Last Modified: 28 Nov 2022 02:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25771

Actions (login required)

View Item View Item