NURHIKMAH (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN FLASHCARD PADA ANAK DIDIK PAUD NURUL HIDAYAH PANGKEP.
Text
sampul depan.docx Download (23kB) |
|
Text
BAB 1 BARU.docx Download (22kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (41kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (23kB) |
|
Text
observasi baru.docx Download (65kB) |
|
Text
RKH.docx Download (40kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.docx Download (33kB) |
Abstract
Nurhikmah, 2012. Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan flashcard pada anak didik PAUD Nurul Hidayah Pangkep. Skripsi dibimbing oleh Dra. Kartini Marzuki, M.Si dan Rusmayadi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penggunaan flashcard dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak didik PAUD Nurul Hidayah Pangkep. Masalah utama penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan anak di PAUD Nurul Hidayah Pangkep. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan penggunaan flashcard pada anak didik PAUD Nurul Hidayah Pangkep. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 4 tahap dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penggunaan flashcard dan peningkatan kemampuan membaca permulaan di PAUD Nurul Hidayah Pangkep. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus masing-masing tiga kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah PAUD Nurul Hidayah yang terletak di daerah Pangkep. Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B1 yang terdiri atas 11 anak didik serta 1 orang guru kelompok B1. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan flashcard dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di PAUD Nurul Hidayah Pangkep, hal ini dapat dilihat dari anak sudah mampu membaca gambar yang memiliki kata sederhana, anak mampu mengenal huruf vokal dan konsonan, dan anak mampu membaca nama sendiri.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 02:38 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 02:38 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25768 |
Actions (login required)
View Item |