PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN MELALUI GAMBAR SERI PADA TAMAN KANAK- KANAK NEGERI 03 TOLADA KECAMATAN MALANGKE KABUPATEN LUWU UTARA

Sitti Mariah Salman (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN MELALUI GAMBAR SERI PADA TAMAN KANAK- KANAK NEGERI 03 TOLADA KECAMATAN MALANGKE KABUPATEN LUWU UTARA.

[img] Text
Sampul.docx

Download (588kB)
[img] Text
PROPOSAL ASLI KKN.doc

Download (21MB)

Abstract

Sitti Mariah Salman, 2013. Peningkatan kemampuan berkomunikasi lisan melalui gambar seri pada Taman Kanak-kanak Negeri 03 Tolada Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. Skripsi bimbingan Dra.Hj.Bulkis Said, M.Si dan Muhammad Yusri Bachtiar, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang peningkatan kemampuan berkomunikasi lisan melalui gambar seri sehingga yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan anak di Taman Kanak-kanak Negeri 03 Tolada Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berkomunikasi lisan anak melalui gambar seri. Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan dalam bidang pembelajaran khususnya berkomunikasi lisan anak melaui gambar seri dan dapat meningkatkan sumber daya manusia dalam mengajar. Pendekatan penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui tehnik observasi dan dokumetasi. Data dianalisis secara kwalitatif deskriptif. Yang dilaksanakan II siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Yang menjadi subyek penelitian anak yang ada di kelompok B1 Taman kanak-kanak Negeri 03 Tolada kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara, semester 1 tahun ajaran 2012/2013. Adalah sebanyak 17 orang dan 1 orang Guru. Data dikumpulkan melalui tehnik observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kwalitatif. Dari hasil observasi dan refleksi dikemukakan bahwa pada siklus I anak belum berhasil dalam menirukan kata keluarga, Rafli, Sholat, berjamaah sehingga dilanjutkan kesiklus II. Setelah siklus II terbukti dari hasil evaluasi yang diperoleh dari anak didik pada siklus II meningkat. Hal itu dapat dibuktikan bahwa anak dapat menirukan kata Ibu, merapikan, kamar, Muis. Serta dapat mengulang kalimat yang telah didengarnya dan dapat bercerita tentang gambar yang disediakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Nov 2022 02:10
Last Modified: 28 Nov 2022 02:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25766

Actions (login required)

View Item View Item