Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Menggunting di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Tangkoli Kabupaten Sidenreng Rappang

Abriati. (2022) Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Menggunting di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Tangkoli Kabupaten Sidenreng Rappang.

[img] Other
ABRIATI HALAMAN DEPAN

Download (73kB)
[img] Text
PENGESAHAN PROPOSAL.doc

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR ISI PROPOSAL.doc

Download (30kB)
[img] Text
ABRIATI SKRIPSI.doc

Download (210kB)
[img] Text
OBSERVASI ANAK.doc

Download (50kB)
[img] Text
LAMPIRAN FOTO.docx

Download (589kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (16kB)

Abstract

Abriati. 2013. Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Menggunting di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Tangkoli Kabupaten Sidenreng Rappang. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj Bulkis Said, M.Si dan Azizah Amal, S.S, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian adalah: Bagaimana pengembangan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Tangkoli Kabupaten Sidenreng Rappang. Tujuan penelitian yaitu: Untuk mengetahui pengembangan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Tangkoli Kabupaten Sidenreng Rappang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak didik di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Tangkoli Kabupaten Sidenreng Rappang sebanyak 15 orang dan 1 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak dapat meningkat melalui kegiatan menggunting di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Tangkoli Kabupaten Sidenreng Rappang. Pada siklus I, ada anak yang kurang mampu melaksanakan semua kegiatan sesuai indikator. Pada siklus II, semua anak mengalami peningkatan dalam melaksanakan kegiatan sesuai indikator. Penyebabnya adalah guru telah melaksanakan semua langkah-langkah pembelajaran dengan baik. Kesimpulannya adalah motorik halus anak dapat berkembang dengan baik apabila guru melaksanakan kegiatan menggunting dengan baik dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Nov 2022 01:26
Last Modified: 28 Nov 2022 01:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25760

Actions (login required)

View Item View Item