Pengaruh Penggunaan Strategi Think Pair and Share Terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Watampone

Panca Rina Oktavia, Silvin (2016) Pengaruh Penggunaan Strategi Think Pair and Share Terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Watampone. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Silvin Panca Rina Oktavia.2016.doc

Download (33kB)

ABSTRAK .2016. “”. (Dibimbing oleh Akmal Hamsa dan Juanda). Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimental yang bertujuan untuk mengkaji keterampilan menulis paragraf eksposisi sebelum mendapat perlakuan Think Pair and Share, mengkaji keterampilan menulis paragraf eksposisi setelah mendapat perlakuan Think Pair Share, dan membuktikan pengaruh strategi think pair and share terhadap keterampilan menulis paragraf eksposisi siswa Kelas X SMA Negeri 3 Watampone. Populasi penelitian ini berjumlah 150 orang. Adapun sampel penelitian ini yaitu Kelas X7 yang berjumlah 26 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Instrumen yang digunakan adalah tes unjuk kerja menulis paragraf eksposisi. Tes tersebut digunakan pada tes awal (pretes) dan dan tes akhir (posttes). Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif yang mengkaji hasil keterampilan awal menulis paragraf eksposisi siswa sedangkan analisis statistik inferensial mengkaji data postes setelah diberi perlakuan strategi think pair and share. Dari uraian hasil analisis data statistik deskriptif nilai tertinggi yang diperoleh siswa pada pretest 74 dan nilai terendah yang diperoleh 54 dengan nilai rata-rata 65, sedangkan pada posttest nilai tertinggi yang diperoleh siswa 90 dan nilai terendah 60 dengan nilai rata-rata 75. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji regresi diperoleh nilai probabilitas = 0,00. Karena nilai sig 0,000 < 0,05 maka keputusannya adalah H0 ditolak H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi think pair and share berpengaruh terhadap keterampilan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 3 Watampone. Kata Kunci : strategi pembelajaran think pair and share (TPS), keterampilan menulis paragraf eksposisi, pengaruh.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Jun 2017 02:49
Last Modified: 12 Jun 2017 02:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2576

Actions (login required)

View Item View Item