MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK FAJAR MENYINGSING KABUPATEN GOWA

SUBARTI LS (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK FAJAR MENYINGSING KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL.doc

Download (116kB)
[img] Text
persetujuan2.doc

Download (114kB)
[img] Text
SKRIPSI TUTUP.doc

Download (271kB)
[img] Text
lampiran2.doc

Download (272kB)
[img] Text
Hasil Penelitian BARTIE - 1.doc

Download (341kB)
[img] Text
Hasil Penelitian BARTIE - 2.doc

Download (343kB)
[img] Text
Hasil Penelitian Barty- 3.doc

Download (272kB)
[img] Text
Lampiran tabel.docx

Download (35kB)
[img] Text
Dokumentasi.doc

Download (7MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.doc

Download (43kB)

Abstract

SUBARTI LS. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi anak Melalui Metode Bermain Peran Di Taman Kanak-Kanak Fajar Menyingsing Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Kartini Marzuki, M.Si dan Herman, S.Pd. M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah bagaimana Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi anak Melalui Metode Bermain Peran di Taman Kanak-Kanak Fajar Menyingsing Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi anak Melalui Metode Bermain Peran Di Taman Kanak-Kanak Fajar Menyingsing Kabupaten Gowa. Pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Pelaksanaan penelitian terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Unit analisisnya yaitu 15 orang anak didik kelompok B dan 1 orang guru.Tindakan yang diberikan berupa pelaksanaan metode bermain peran untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak di taman kanak-kanak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I sebagian besar kemampuan berkomunikasi anak berada pada kategori masih perlu bimbingan. Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan berkomunikasi anak berada pada kategori sangat baik dimana siklus II menunjukkan bahwa semua indikator yang diberikan kepada guru telah dilaksanakan dengan baik oleh guru. Guru terlihat mampu mengatasi hal-hal yang kurang sempurna dilakukan guru pada siklus I. Hal ini berarti bahwa Meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak di Taman Kanak-Kanak Fajar Menyingsing melalui metode bermain peran telah dapat ditingkatkan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:56
Last Modified: 25 Nov 2022 07:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25755

Actions (login required)

View Item View Item