Keefektifan model pembelajaran berbasis masalah (problem besed learning) terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Makassar

Nurhayati, Nurhayati (2016) Keefektifan model pembelajaran berbasis masalah (problem besed learning) terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Makassar. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
nurhayati.doc

Download (10MB)

ABSTRAK 2016. (dibimbing oleh Jufri dan Munirah). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem besed learning) terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Makassar (2) mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran konvensional dalam terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Makassar (3) mendeskripsikan perbedaan secara signifikan kemampuan menulis puisi antara yang menerapkan pembelajaran berbasis masalah dengan yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Makassar yang berjumlah 97 siswa. Sampel berjumlah 25 untuk kelas eksperimen dan 24 untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes dan wawancara dan tehnik analisis data adalah analisis statistik deskriftif dengan uji-t atau uji beda. Adapun yang dibedakan dalam penelitian ini adalah skor subjek pada tes awal (pretest) dengan skor akhir (postes) untuk masing-masing kelompok. Data jenis uji-t yang diolah dengan program komputer sistem Statiscal Product Service Soluversition (SPSS) versi 2.00. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) hasil penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem besed learning) terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Makassar berada pada kategori baik (rata-rata 79,28) dengan ketuntasan hasil belajar sekitar 96% dengan rentang nilai 71 sampai 85 dan melampaui dari nilai yang ditetapkan oleh pihak sekolah yaitu 85% ≥75. (2) hasil penerapam model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Makassar berada pada kategori baik (rata-rata 71,67) dengan ketuntasan hasil belajar sekitar 83% dengan rentang nilai 61 sampai 81 dan tidak melampaui dari nilai yang ditetapkan oleh pihak sekolah yaitu 85% ≥75. (3) hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi ( p = 0,000 ) pada derajat bebebasan 47, karena p < a = 0,05, dengan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem besed learning) dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan kata lain th = 6,293 lebih besar dari tt = 2,001 dengan hipotesa th ≥ tt dengan signifikasi p > α = 0,05. Artinya H1 diterima atau model pembelajaran berbasis masalah (problem besed learning) lebih efektif digunakan dibandingkan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran menulis puisi siswa SMP Muhammadiyah 1 Makassar. Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Puisi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Jun 2017 02:47
Last Modified: 12 Jun 2017 02:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2575

Actions (login required)

View Item View Item