PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL PADA ANAK MELALUI KARTU HURUF DI TAMAN KANAK-KANAK MAR-MAR KECAMATAN BURAU KABUPATEN LUWU TIMUR

DEWI DEYKEYSER RANTELINO (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL PADA ANAK MELALUI KARTU HURUF DI TAMAN KANAK-KANAK MAR-MAR KECAMATAN BURAU KABUPATEN LUWU TIMUR.

[img] Text
Sampul Utama.docx

Download (196kB)
[img] Text
Skripsi Dewi key Fix.docx

Download (1MB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (43kB)

Abstract

Dewi Deykeyser Rantelino,2013.Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Kartu Huruf di Taman Kanak-kanak Mar-mar Lagego Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur,Skripsi dibimbing oleh Dra.Sri Sofiani, M.Pd, Arifin Manggau S.Pd,M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca awal anak di Taman Kanak-kanak Mar-mar Lagego Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca awal anak di Taman Kanak-kanak Mar-mar Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Mar-mar Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur dengan subjek penelitian adalah anak didik dengan jumlah 10 anak dan 1 guru. Fokus penelitian ini adalah (1) Proses pembelajaran, yaitu mengamati aktivitas guru dan anak didik dalam meningkatkan kemampuan membaca awal melalui kartu nhuruf, (2) Kemampuan membaca awal anak setelah observasi pada siklus II. Pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi kegiatan anak, perkembangan anak. Pelaksanaan tindakan terdiri dari dua siklus, tiap siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil yang diperoleh yaitu pada tindakan siklus I terjadi peningkatan dari observasi awal terhadap kemampuan membaca awal anak dalam kegiatan belajar yakni sebahagian anak sudah mengalami peningkatan dalam membaca awal karena guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran kurang menarik. Sedangkan pada tindakan siklus II kemampuan anak dalam kegiatan membaca awal semakin meningkat yaitu anak sudah dapat mengenal simbol-simbol huruf dan menyebutkan kata yang mempunyai huruf awal yang sama serta dapat menyebutkan nama benda yang suara huruf awalnya sama karena cara guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran sangat menarik perhatian anak dan tidak membosankan., Olehnya itu hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan kartu huruf sangat tepat untuk menstimulus anak usia dini dalam meningkatkan kemampuan membaca awal.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Nov 2022 06:42
Last Modified: 25 Nov 2022 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25748

Actions (login required)

View Item View Item