PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN KARTU ANGKA PADA ANAK DIDIK DI TAMANKANAK-KANAK AL-MASITA KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA

NAMRIAH (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN KARTU ANGKA PADA ANAK DIDIK DI TAMANKANAK-KANAK AL-MASITA KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA.

[img] Text
1. Sampul Utama Hasil Penelitian.docx

Download (20kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (17kB)
[img] Text
6. Motto dan Prakata Namriah.docx

Download (15kB)
[img] Text
5. ABSTRAK Namriah.docx

Download (16kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI Namriah.docx

Download (26kB)
[img] Text
8. Daftar Tabel, Gambar, Lampiran Namriah.docx

Download (19kB)
[img] Text
Skripsi Namriah Perbaikan.docx

Download (271kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
11. Kisi-Kisi Instrumen, Lembar Obsevasi Anak dan Lembar Obsevasi Guru Namriah.doc

Download (142kB)
[img] Text
12. Rekap Siklus.docx

Download (21kB)
[img] Text
13. RKH namriah.docx

Download (127kB)
[img] Text
15. Foto Dokumentasi Penelitian Namriah.docx

Download (724kB)

Abstract

Namriah. 2013. Peningkatan Kemampuan Berhitung Bilangan Melalui Penggunaan Kartu Angka Pada Anak Didik di Taman Kanak-Kanak Al-Masita Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Skripsi dibimbing oleh Drs. Firdaus Hasan, M. Si dan Azizah Amal, S.S., M. Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penggunaan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung bilangan anak di Taman Kanak-Kanak Al-Masita Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan berhitung anak melalui penggunaan kartu angka di Taman Kanak-Kanak Al-Masita Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan tahapan-tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi yang dilakukan secara berulang. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak Taman Kanak-Kanak Al-Masita Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara kelompok B yang berjumlah 15 orang dan 1 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak didik di Taman Kanak-Kanak Al-Masita Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan berhitung bilangan anak pada tiap siklus. Kemampuan yang ditingkatkan pada berhitung bilangan adalah menyebutkan urutan bilangan dari 1 sampai 10 dan membedakan dua kumpulan benda yang sama jumlahnya dan yang tidak sama. Kegiatan dilakukan pada saat anak menyusun angka secara berurut dengan menggunakan kartu angka dan menyebut angkanya serta membedakan dua kumpulan gambar baju yang sama jumlahnya dan yang tidak sama kemudian dihubungkan dengan kartu angka.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Nov 2022 05:54
Last Modified: 25 Nov 2022 05:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25743

Actions (login required)

View Item View Item