PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI DHARMA WANITA PERSATUAN SEKRETARIS DAERAH PROVINSI SULAWESI SELATAN

SULFAYANI (2022) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI DHARMA WANITA PERSATUAN SEKRETARIS DAERAH PROVINSI SULAWESI SELATAN.

[img] Text
01.docx

Download (85kB)
[img] Text
02.docx

Download (130kB)
[img] Text
03.docx

Download (23kB)
[img] Text
04.docx

Download (17kB)
[img] Text
05.docx

Download (27kB)
[img] Text
07.docx

Download (627kB)
[img] Text
08.docx

Download (254kB)

Abstract

Sulfayani. 2012. Penerapan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Dharma Wanita Persatuan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Dibimbing oleh: Dra. Kartini Marzuki, M.Si dan Azizah Amal, S.Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan metode bermain peran dapat mengembangkan kemampuan sosial anak pada Taman Kanak-kanak Pertiwi Dharma Wanita Persatuan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bermain peran dapat mengembangkan kemampuan sosial anak pada Taman Kanak-kanak Pertiwi Dharma Wanita Persatuan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Upaya mengembangkan kemampuan sosial anak dapat dilakukan dengan menggunakan metode bermain peran. Metode bermain peran bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial anak dan meningkatkan aktivitas anak didik. Pendekatan yang dipergunakan adalah pendekatan kualitatif dekskriptif. Jenis penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan sosial anak di taman kanak-kanak. Subjek penelitiannya adalah kelas B5 dengan jumlah 15 orang anak didik dan 1 orang Guru yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 10 orang anak perempuan di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Dharma Wanita Persatuan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan perubahan meskipun belum menunjukkan perolehan hasil yang maksimal, masih memerlukan bimbingan. Pada siklus II setelah dilakukan refleksi pada siklus I penerapan metode bermain peran dalam mengembangkan kemampuan sosial anak menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat mengembangkan kemampuan sosial anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Dharma Wanita Persatuan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Nov 2022 03:25
Last Modified: 25 Nov 2022 03:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25742

Actions (login required)

View Item View Item