SULFAYANI (2022) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI DHARMA WANITA PERSATUAN SEKRETARIS DAERAH PROVINSI SULAWESI SELATAN.
Text
01.docx Download (85kB) |
|
Text
02.docx Download (130kB) |
|
Text
03.docx Download (23kB) |
|
Text
04.docx Download (17kB) |
|
Text
05.docx Download (27kB) |
|
Text
07.docx Download (627kB) |
|
Text
08.docx Download (254kB) |
Abstract
Sulfayani. 2012. Penerapan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Dharma Wanita Persatuan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Dibimbing oleh: Dra. Kartini Marzuki, M.Si dan Azizah Amal, S.Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan metode bermain peran dapat mengembangkan kemampuan sosial anak pada Taman Kanak-kanak Pertiwi Dharma Wanita Persatuan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bermain peran dapat mengembangkan kemampuan sosial anak pada Taman Kanak-kanak Pertiwi Dharma Wanita Persatuan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Upaya mengembangkan kemampuan sosial anak dapat dilakukan dengan menggunakan metode bermain peran. Metode bermain peran bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial anak dan meningkatkan aktivitas anak didik. Pendekatan yang dipergunakan adalah pendekatan kualitatif dekskriptif. Jenis penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan sosial anak di taman kanak-kanak. Subjek penelitiannya adalah kelas B5 dengan jumlah 15 orang anak didik dan 1 orang Guru yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 10 orang anak perempuan di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Dharma Wanita Persatuan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan perubahan meskipun belum menunjukkan perolehan hasil yang maksimal, masih memerlukan bimbingan. Pada siklus II setelah dilakukan refleksi pada siklus I penerapan metode bermain peran dalam mengembangkan kemampuan sosial anak menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat mengembangkan kemampuan sosial anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Dharma Wanita Persatuan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 25 Nov 2022 03:25 |
Last Modified: | 25 Nov 2022 03:25 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25742 |
Actions (login required)
View Item |