Darwati (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI TAMAN KANAK-KANAKKARYA MULYA KECAMATAN BAEBUNTA KABUPATEN LUWU UTARA.
Text
HALAMAN DEPAN.docx Download (92kB) |
|
Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN SKRIPSI.docx Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI.docx Download (110kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (18kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN .docx Download (1MB) |
|
Text
KISI instrument.docx Download (24kB) |
|
Text
rkh.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP I.docx Download (164kB) |
Abstract
Darwati.2012.PeningkatanKemampuanBerbahasaLisanAnakMelaluiMetodeBerceritaTamanKanakKanakKaryaMulyaKecamatanBaebuntaKabupatenLuwu Utara, SkripsidibimbingolehDra.KartiniMarzuki, M.SidanDr.Pattataufi, S.Pd, M.Si. Program StudiPendidikan GuruPendidikanAnakUsiaDiniFakultasIlmuPendidikanUniversitas Negeri Makassar. Rumusan masalahdalam penelitian ini adalahbagaimanakah peningkatan kemampuanberbahasalisananakmelaluimetodebercerita di Taman Kanak-KanakKaryaMulyaKecamatanBaebuntaKabupatenLuwu Utara?Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untukmengetahui kemampuanberbahasalisananakmelaluimetodebercerita di Taman Kanak-KanakKaryaMulyaKecamatanBaebuntaKabupatenLuwu Utara. PendekatanPenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelasdeskriptifkualitatif yang menjadikan 1 (satu) guru Taman Kanak-KanakKaryaMulyaKecamatanBaebuntaKabupatenLuwuUtaradananak yang berjumlah 12 orang yang terdiri atas 5 laki-laki dan 7 perempuansebagai unit analisis. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahteknikobservasidandokumentasi.Prosedur dalam penelitian terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan II.Hasilpenelitianyaitu pada siklus I terjadi peningkatan bahasa lisan pada anak tapi belum mampu menceritakan kembali cerita secara urut dan belum mampu melanjutkan cerita yang telah didengar sebelumnya serta aktivitas penerapan metode bercerita belum terlaksana denga baik. Pada siklus II terjadi peningkatan bahasa lisan pada anak, anak sudah mampu menceritakan kembali cerita secara urut dan sudah mampu melanjutkan cerita yang telah didengar sebelumnya serta aktivitasguru terhadap pembelajaran melalui penerapan metode bercerita juda telah optimal. Jadi hasil dari penerapan dari metode bercerita dalam proses pembelajaran bahasa lisan anak di Taman Kanak-Kanak Karya Mulya Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara, mengalami peningkatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 25 Nov 2022 02:09 |
Last Modified: | 25 Nov 2022 02:09 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25733 |
Actions (login required)
View Item |