PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENUNJUKKAN WARNA MELALUI BERMAIN ALAT PAPAN PUTAR BERWARNA PADAKELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK ANDIYA MAKASSAR

HASRINI (2022) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENUNJUKKAN WARNA MELALUI BERMAIN ALAT PAPAN PUTAR BERWARNA PADAKELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK ANDIYA MAKASSAR.

[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (71kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (29kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (60kB)
[img] Text
Bab 3.docx

Download (27kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lampiran - Lampiran.docx

Download (25kB)
[img] Text
RKH Rini.docx

Download (28kB)
[img] Text
Lampiran - Dokumentasi.docx

Download (752kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (36kB)

Abstract

Hasrini, 2013, Pengembangan Kemampuan Menunjukkan Warna Melalui Bermain Alat Papan Putar Berwarna pada Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Andiya Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd dan Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan kemampuan menunjukkan warna melalui bermain alat papan putar berwarna pada Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Andiya Makassar?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengembangan kemampuan menunjukkan warna melalui bermain alat papan putar berwarna pada Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Andiya Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah kemampuan menunjukkan warna dan bermain alat papan putar berwarna. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A1 yang terdiri atas 12 anak didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap mereduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bermain alat papan putar berwarna mampu mengembangkan kemampuan anak menunjukkan warna dengan tepat, menunjukkan warna-warna dasar (merah, kuning, biru) dan menunjukkan benda-benda yang berwarna merah, kuning, dan biru. Sebagai kesimpulan, bermain alat papan putar berwarna dapat mengembangkan kemampuan menunjukkan warna pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Andiya. Karena itu, permainan papan putar berwarna direkomendasikan untuk dijadikan alternatif tindakan dalam mengembangkan kemampuan anak menunjukkan warna di Taman Kanak-Kanak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:46
Last Modified: 25 Nov 2022 01:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25730

Actions (login required)

View Item View Item