PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL MELALUI KEGIATAN BERSAMA DALAM PEMBELAJARAN SAINS PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK CERIA AR-RAHMAN

ROSDIANA (2022) PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL MELALUI KEGIATAN BERSAMA DALAM PEMBELAJARAN SAINS PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK CERIA AR-RAHMAN.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (36kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (111kB)
[img] Text
SKRIPSI TUTUP.docx

Download (94kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2 PTK.docx

Download (723kB)

Abstract

Rosdiana, 2013. Peningkatan Perilaku Sosial Melalui Kegiatan Bersama Dalam Pembelajaran Sains Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Ceria Ar-Rahman. Skripsi dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, S.Pd., M.Pd. dan Muh. Akil Musi,S.Pd., M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pelaksanaan kegiatan belajar bersama dalam pembelajaran sains dapat mengembangkan perilaku sosial anak di Taman kanak-kanak Ceria Ar-Rahman?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksanaan kegiatan belajar bersama dalam pembelajaran sains dapat mengembangkan perilaku sosial anak di Taman kanak-kanak Ceria Ar-Rahman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Setting dan subjek penelitian adalah kelompok B Taman Kanak-kanak Ar-Rahman kecamatan Mandai Kabupaten Maros yang berjumlah 15 anak didik dan 1 orang guru. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu : reduksi data, sajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan perilaku sosial anak dapat dikembangkan melalui kegiatan belajar bersama dalam pembelajaran sains dimana guru dapat mencapai lingkup perkembangan perilaku sosial anak melalui percobaan penggabungan warna, berat benda dalam air dan percobaan menggunakan magnet dan percobaan menimbang benda. Melaui kegiatan tersebut anak dapat mengembangkan perilaku sosialnya dalam hal bekerja sama, berbagi, dan meniru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:07
Last Modified: 25 Nov 2022 01:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25724

Actions (login required)

View Item View Item