PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK DI TAMAN KANAK - KANAK KARAKTER NURFADILLAH KEC. RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

JUMRAH (2022) PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK DI TAMAN KANAK - KANAK KARAKTER NURFADILLAH KEC. RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (34kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.docx

Download (71kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (69kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (2MB)
[img] Text
KISI – KISI INSTRUMEN.docx

Download (25kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (91kB)

Abstract

JUMRAH. 2013. Penggunaan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak di Taman Kanak-kanak Karakter Nurfadhilah Kacamatan Rappocini Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. dan Syamsuardi, S.Pd.,M.Pd., Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode bermain peran dalam mengembangkan kemandirian anak di Taman Kanak-kanak Karakter Nurfadhillah Kecamatan Rappocini Kota Makassar, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan metode bermain peran dalam mengembangkan kemandirian anak di taman kanak-kanak Karakter Nurfadhilah Kecamatan Rappocini Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari empat tahap yaitu : (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi dan evaluasi; (4) refleksi hasil kegiatan.. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kelompok B anak didik Taman Kanak-Kanak Karakter Nurfadhilah Kecamatan Rappocini Makassar yang berjumlah 10 anak didik dan 1 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaam metode bermain peran, kemandirian anak di Taman Kanak-kanak Karakter Nurfadillah Kecamatan Rappocini Kota Makassar dapat dikembangkan dalam hal melaksanakan tugas sendiri sampai selesai dan berani bertanya dan menjawab pertanyaan. Pelaksanaan kegiatan bermain peran dilakukan sebanyak dua siklus dengan dua kali pertemuan tiap siklus dan hasil pertemuan menunjukkan kemandirian anak mengalami perkembangan dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Nov 2022 00:55
Last Modified: 25 Nov 2022 00:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25722

Actions (login required)

View Item View Item