PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE BERMAIN ROLE PLAYING DI TAMAN KANAK-KANAK PGRISAKINAH BOJO BARU KECAMATAN MALLUSETASI KABUPATEN BARRU

KUMALASARI YUSUF (2022) PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE BERMAIN ROLE PLAYING DI TAMAN KANAK-KANAK PGRISAKINAH BOJO BARU KECAMATAN MALLUSETASI KABUPATEN BARRU.

[img] Text
Halaman Judul 2.docx

Download (44kB)
[img] Text
skripsi mala 3.docx

Download (190kB)
[img] Text
Lampiran- Lampiran Skripsi.docx

Download (2MB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (39kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN 2.docx

Download (1MB)
[img] Text
foto praktikum.docx

Download (1MB)

Abstract

KUMALASARI YUSUF, 2012. Peningkatan Perilaku Sosial Emosional Melalui Metode Bermain Role Playing di Taman Kanak-kanak PGRI Sakinah Bojo Baru. kecamatan Mallusetasi Kab Barru. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Arifin Manggau, S.Pd.M.Pd Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini membahas tentang Peningkatkan Perilaku Sosial Emosional Anak Melalui Metode Bermain Role Playing di Taman Kanak-kanak PGRI Sakinah Bojo Baru Kabupatan Barru. Masalah dalam penelitian yaitu bagaimana Peningkatkan Perilaku Sosial Emosional Anak Melalui Metode Bemain Role Playing di Taman Kanak-kanak PGRI Sakinah Bojo Baru Kabupaten Barru? Berdasarkan itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perilaku sosial emosional melalui metode bermain role playing di Taman Kanak-Kanak PGRI Sakinah Bojo Baru Kabupaten Barru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Tindakan yang diberikan berupa penerapan metode bermain role playing dalam meningkatkan perilaku sosial emosional pada anak di Taman Kanak-Kanak. Subyek penelitiannya yaitu 10 orang anak kelompok B2 dan 1 orang guru. Teknik pengambilan data melalui observasi, dokumentasi dan hasil diolah secara kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah bahwa melalui metode bermain role playing dapat meningkatkan perilaku sosial emosional pada anak di Taman Kanak-kanak PGRI Sakinah Bojo Baru Kabupaten Barru. Hal ini terlihat dari peningkatan perilaku perilaku sosial emosional anak. Pada siklus I tidak semua anak mampu melaksanakan semua jenis kegiatan, kegiatan-kegiatan tersebut berada pada kategori kurang, kegiatan-kegiatan tersebut adalah anak mau bermain dengan teman tanpa saling menggangu, anak berbicara baik dan sopan (tidak marah atau membentak-bentak). Dan pada siklus II berada pada pada kategori baik dan cukup, karena sebagian besar anak sudah mampu berperilaku sosial emosional yang baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Nov 2022 00:51
Last Modified: 25 Nov 2022 00:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25721

Actions (login required)

View Item View Item