Pengaruh Media Visual dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Roll ke Depan pada Siswa SD Negeri 156 Kajao Kabupaten Enrekang.

Mustakim Nur, Yassir (2016) Pengaruh Media Visual dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Roll ke Depan pada Siswa SD Negeri 156 Kajao Kabupaten Enrekang. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Yassir Mustakim Nur. 2016.docx

Download (17kB)

ABSTRAK . 2016. (dibimbing oleh Suwardi dan Imam Suyudi) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar Roll ke Depan siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran visual bergerak dan yang diajar menggunakan media pembelajaran visual diam pada siswa SD Negeri 156 Kajao Kabupaten Enrekang. (2) Ada atau tidaknya pengaruh interaksi antara media pembelajaran Visual dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar Roll ke Depan pada siswa SD Negeri 156 Kajao Kabupaten Enrekang. (3) Ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar Roll ke Depan siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran visual bergerak dan yang diajar menggunakan media pembelajaran visual diam ditinjau dari motivasi belajar tinggi pada siswa SD Negeri 156 Kajao Kabupaten Enrekang. (4). Ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar Roll ke Depan siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran visual bergerak dan yang diajar menggunakan media pembelajaran visual diam ditinjau dari motivasi belajar rendah pada siswa SD Negeri 156 Kajao Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian true experimental dengan factorial design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu satu kelompok yang diajar dengan media pembelajaran visual bergerak dan satu kelompok yang diajar dengan media pembelajaran visual diam yang masing – masing diproyeksikan melalui LCD Proyektor. Populasi dalam penulisan ini adalah seluruh siswa SD Negeri 156 Kajao Kabupaten Enrekang dengan jumlah keseluruhan siswa 84 orang, sedangkan sampelnya yaitu 30 orang sebagai kelompok diajar dengan media pembelajaran visual bergerak dan 30 orang sebagai kelompok yang diajar dengan media pembelajaran visual diam dengan jumlah sampel adalah 60 orang. Hasil penulisan menunjukkan. (i) Terdapat perbedaan hasil belajar Roll ke Depan antara siswa yang diajar dengan media pembelajaran visual bergerak dan yang diajar dengan media pembelajaran visual diam pada siswa SD Negeri 156 Kajao Kabupaten Enrekang. (ii) tidak Terjadi pengaruh interaksi antara media pembelajaran visual dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar Roll ke Depan pada siswa SD Negeri 156 Kajao Kabupaten Enrekang. (iii) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar Roll ke Depan kelompok motivasi belajar tinggi yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran visual bergerak dan yang diajar dengan media pembelajaran visual diam pada SD Negeri 156 Kajao Kabupaten Enrekang. (iv) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar Roll ke Depan kelompok motivasi belajar rendah yang diajar dengan media pembelajaran visual begerak dan yang diajar dengan media pembelajaran visual diam pada siswa SD Negeri 156 Kajao Kabupaten Enrekang. Kata kunci: Media pembelajaran visual bergerak, media pembelajaran visual diam, motivasi belajar, dan hasil belajar Roll ke Depan. ABSTRACT YASSIR MUSTAKIM NUR. 2016. The Influence of Visual Media and Motivation toward Roll Forward Learning Result of the Students at SDN 156 Kajao in Enrekang District (Supervised by Suwardi and Imam Suyudi). The objectives of the research are to discover : (1) whether there is a difference of roll forward learning result of the students who were taught by moving visual learning media and silent visual learning media at SDN 156 Kajao in Enrekang District, (2) whether there is interaction influence of visual learning media with learning motivation toward roll forward learning result of the student at SDN 156 Kajao in Enrekang District. (3) whether there is a difference of roll forward learning result of the students who were taught by moving visual learning media and silent visual learning media based on high learning motivation of the student at SDN 156 Kajao in Enrekang District, (4) whether there is a difference of roll forward learning result of the student who were taught by moving visual learning media and silent visual learning media based on low learning motivation at SDN 156 Kajao in Enrekang District, The research is true experimental with factorial design. The research employed two groups, namely one group taught by moving visual learning media and one group taught by silent visual learning media that each projected through LCD projector. The populations of the research were all of the students at SDN 156 Kajao in Enrekang district with the total of 84 students, while the samples were 30 students in the group taught by moving visual learning media and 30 students in the group taught by silent visual learning media with the total of 60 students as the samples. The results of the research reveal that (i) there is a difference of roll forward learning result of the students who were taught by moving visual learning media and silent visual learning media at SDN 156 Kajao in Enrekang District, (ii) there is no interaction influence of visual learning media with learning motivation toward roll forward learning result of the student at SDN 156 Kajao in Enrekang District. (iii) there is no difference of roll forward learning result of the students who were taught by moving visual learning media and silent visual learning media based on high learning motivation of the student at SDN 156 Kajao in Enrekang District, (iv) there is no difference of roll forward learning result of the student who were taught by moving visual learning media and silent visual learning media based on low learning motivation at SDN 156 Kajao in Enrekang District. Keywords : Moving visual learning media, silent visual learning media, learning motivation, and roll forward learning result.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Jun 2017 02:39
Last Modified: 12 Jun 2017 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2572

Actions (login required)

View Item View Item