PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B 2 DI TAMAN KANAK-KANAK MINASA UPA KOTA MAKASSAR

ANDI YUSMIARTI YUSUF (2022) PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B 2 DI TAMAN KANAK-KANAK MINASA UPA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
halaman judul.docx

Download (31kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (40kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I latar belakang.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIA1.docx

Download (16kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIA2.docx

Download (16kB)

Abstract

ANDI YUSMIARTI YUSUF, 2012 . Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekpresif Anak di Taman Kanak – Kanak Minasa Upa Kota Makassar. Skripsi ini di bimbing oleh Dra.Hj.Bulkis Said ,M.Si. dan Arifin Manggaun.S.Pd.M.Pd. Pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG - PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak setelah diterapkan metode bercerita di Taman Kanak – Kanak Minasa Upa Makassar. Tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metode bercerita di Taman Kanak – Kanak Minasa Upa Kota Makassar. Focus penelitian ini adalah guru dan anak didik di Taman Kanak - Kanak Minasa Upa Kota Makassar . Tempat penelitian ini dilaksanakan di taman kanak – kanak minasa upa kota makassar yang berada di jalan kompleks BTN Minas upa kota Makassar .Subjek penelitiaanya adalah guru dan anak didik kelompok B2 di taman kanak – kanak kota makassar semester genap tahun ajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 15 anak didik dan satu orang guru. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi kemudian merumuskan kembali perencanaan berdasarkan informasi lebih lengkap dan lebih kritis untuk siklus selangjutnya. Teknik dan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian dipaparkan secara deskriptif kualitatif sehingga diperoleh hasil aktual tentang peningkatan bahasa ekspresif di Tamana Kanak –Kanak Minasa Upa Kota Makassar. Standar pencapaian penilaian yaitu kategori baik (●), cukup (√) dan kurang (○). Dari hasil analisis dapat di simpulkan bahwa penerapan metode bercerita dapat meningkatkan perkembangan bahasa ekspresif anak didik kelompok B2 di Taman Kanak – Kanak Minasa Upa Kota Makassar, dapat meningkat perkembangan bahasa ekspresif anak didik dengan menggunakan metode bercerita terlihat pada silkus I perkembangan anak anak didik masih perlu dibimbing atau di kategorikan kurang sedangkan pada siklus II perkembangan anak didik meningkat atau di kategorikan baik. Metode bercerita adalah pembelajaran yang menarik dan menyenangkan anak akan lebih muda dalam menerima pembelajaran, sehingga pola pembelajaran ini sangat sesuai untuk diterapkan pada ana didik di Taman Kanak – Kanak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2022 06:42
Last Modified: 24 Nov 2022 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25718

Actions (login required)

View Item View Item