MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI KARTU ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI 03 TOLADA KECAMATAN MALANGKE KABUPATEN LUWU UTARA

SUHARIAH, (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI KARTU ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI 03 TOLADA KECAMATAN MALANGKE KABUPATEN LUWU UTARA.

[img] Text
Sampul.doc

Download (722kB)
[img] Text
SUHARIAH SKRPSI BENAR.docx

Download (2MB)
[img] Text
Rencana Kegiatan Harian (RKH).docx

Download (1MB)

Abstract

SUHARIAH, 2013. Meningkatkan kemampuan berhitung melalui kartu angka di Taman kanak-kanak Negeri 03 Tolada Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. Dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan anak dapat meningkat melalui kartu angka di Taman kanak-kanak Negeri 03 Tolada Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui kartu angka di Taman kanak-kanak Negeri 03 Tolada Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Fokus penelitian ini kemampuan berhitung melalui kartu angka. Subjek dalam Penelitian adalah Pada kelompok B1 sebanyak 14 orang anak didik, serta 1 Orang guru. Prosedur dalam Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan melakukan tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan Obsevasi dan Dokumentasi. Hasil yang diperoleh yaitu pada siklus I kemampuan anak dalam menghitung banyaknya gambar dan menempel kartu angka serta menghitung urutan bilangan 1-10 dengan menggunakan kartu angka, pada siklus ini 10 anak memperoleh kategori baik. Belum berhasil melangkah ke siklus II kemampuan anak dalam menghitung banyaknya gambar dan menempel kartu angka serta menghitung urutan bilangan 1-10 dengan menggunakan kartu angka, 13 anak memperoleh kategori baik, pada siklus II terjadi meningkat karna kemampuan berhitung anak mencapai indikator ditandai dengan anak sudah mampu menghitung banyaknya gambar dan menempel kartu angka serta anak sudah mampu menghitung urutan bilangan 1-10 dengan menggunakan kartu angka. Aktivitas guru terhadap pembelajaran melalui kartu angka meningkat secara optimal.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2022 06:17
Last Modified: 24 Nov 2022 06:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25715

Actions (login required)

View Item View Item